PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI TPQ AL MADANIYAH DESA KETENGER KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

SUSWOYO, 1323308052 (2017) PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI TPQ AL MADANIYAH DESA KETENGER KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
SUSWOYO_PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI TPQ AL MADANIYAH DESA KETENGE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Mendiskripsikan pelaksanaan penerapan metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al Madaniyah, Desa Ketenger Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. (2) Mengetahui bagaimana penerapan metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al Madaniyah Desa Ketenger Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode riset lapangan dengan teknik analisis descriptive research(non statistik) dengan pendekatan kualitatif lapangan. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Metode Yanbu'a di TPQ Al Madaniyah , tujuan dan kurikulum pembelajarannya disesuaikan dengan Lajnah Muroqobah Yanbu'a (LMY) Pusat Yayasan Arwaniyyah Kudus. Metode Yanbu'a adalah suatu metode pembelajaran membaca, menulis dan menghafal Al-Qur'an yang disusun sistematis terdiri 7 jilid, cara membacanya langsung dan tidak mengeja, cepat, tepat, benar serta tidak putus-putus disesuaikan dengan makhorijul huruf dan ilmu Tajwid. Pembelajaran Al-Qur'an dapat dilakukan sejak dini, yaitu fokus pembinaan Al-Qur'an dengan tilawah wa tahfidz (membaca dan menghafal) karena tilawah dan tahfidz merupakan langkah pertama orang tua dalam pembinaan iman dan Islam pada anak sejak dini. Peran orang tua sangat penting dalam menanamkan kecintaan kepada Al-Qur'an yang suci, mulai masa kanak-kanak. Hal ini akan menjadi modal yang besar pada masa dewasanya kelak dan akan menjadigenerasi yang Qur'ani. Penerapan Metode Yanbu'a dalam pembelajaran Al-Qur'an khususnya di TPQ Al Madaniyah, sangat membantu peserta didik dan bagi siapapun yang mau mempelajaril Al-Qur'an.Harapannya adalah santri atau peserta didik dapat membaca Al-Qur'an dengan lancar, benar dan fasih.Materi atau isi dalam buku metode Yanbu’a diambil dari kumpulan ayat-ayat Al-Qur'an yang suci, sehingga harus dijaga dengan baik oleh siapapun, termasuk oleh mereka yang sedang berproses dalam pembelajaran Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Oct 2017 03:06
Last Modified: 13 Oct 2017 03:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3165

Actions (login required)

View Item View Item