PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG TUNAGRAHITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DI SMPLB C YAKUT PURWOKERTO

RIZKI TRISNAWATI, 1223308046 (2017) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG TUNAGRAHITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DI SMPLB C YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RIZKI TRISNAWATI_PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG TUNA GRAHITA DENGAN MENGGU2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak tunagrahita untuk menangkap materi secara langsung sehingga diterapkanlah metode tanya jawab disaat pembelajaran berlangsung. Supaya siswa lebih mudah untuk mengingat materi yang sudah disampaikan oleh guru, serta mengembangkan kemampuan siswa dalam menangkap materi yang telah disampaikan oleh guru. Tujuandaripenelitianiniadalah untukmengetahuibagaimanapembelajaran agama di kelas VII. Adapun manfaat yang dapat diambil adalah mengetahui pembelajaran agama di kelas VII SMPLB C Yakut Purwokerto yang menggunakan metode tanya jawab dan dalam menggunakan metode tersebut dsaat pembelajaran berlangsung dengan baik dan dilakukan setiap pembelajaran. Jenispenelitianyang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapanganyaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait dengan pembelajaran agama di kelas VII. Dan subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa.Teknik yang digunakandalampengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dandokumentasi. Penulismenggunakananalisis data teknik analisis yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian tentang pembelajaran pendidikan agama islam bagi penyandang tunagrahita dengan menggunakan metode tanya jawab, bahwa dalam pembelajaran tersebut menggunakan metode tanya jawab supaya siswa lebih mudah untuk mengingat materi yang disampaikan, sebelum metode tanya jawab di terapkan metode cerita mengirirngi saat proses pembelajaran berlangsung. Saat proses pembelajaran guru selalu mengulang-ulang pertanyaan yang disampaikan, kemudian guru memantau siswa satu persatu dalam proses pembelajaran.Dan dalam proses pembelajaran berjalan baik, siswapun antusias menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Karena siswa tunagrahita memiliki kecerdasan dibawah rata-rata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Siswa Tuna Grahita, Metode Tanya Jawab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Oct 2017 02:29
Last Modified: 13 Oct 2017 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3161

Actions (login required)

View Item View Item