REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN SHAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH VERSI HIJAB DI TELEVISI

RIJA KAMALA, 1223102024 (2017) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN SHAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH VERSI HIJAB DI TELEVISI. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
RIJA KAMALA_REPRESENTASI PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAM SHAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Televisi merupakan media komunikasi yang bersifat dengar-lihat (audio-visual), sehingga dapat memberikan pengaruh kuat kepada pemirsanya. Melalui program televisi masyarakat bisa langsung mempromosikan penjualan suatu produk yaitu dengan beriklan. Iklan merupakan suatu alat pemasaran yang didalamnya terdapat alat komunikasi antara pengusaha dan masyarakat konsumen sebagai pembeli. Iklan yang sering ditayangkan di televisi adalah iklan ke perempuanan, sebab perempuan dalam media elektronik adalah perempuan yang dapat menarik perhatian bagi para konsumen karena perempuan identik dengan kecantikan. Di dalam pertanyaan penelitian ini yaitu bagaimana representasi perempuan berhijab dalam iklan shampo sunsilk clean and fresh di televisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dengan mengamati tayangan iklan shampo sunsilk clean and fresh versi Carla Rizki. Kemudian dalam penelitian ini menggunakan teori dari Jean Baudrillard yaitu teori simulasi dan hiperealitas. Dalam hal ini mengacu kepada tanda-tanda yang terdapat dalam iklan tersebut yaitu petanda, penanda, sehingga menghadirkan tanda berupa makna. Kesimpulannya adalah dalam iklan shampo Sunsilk Clean and Fresh versi Carla Rizqi Handayani ini terdapat beberapa jenis kecantikan yang digambarkan melalui pemeran wanita muslimah yaituCarla Rizqi Handayani. Terdapat kecantikan wajah, kecantikan tubuh, kecantikan busana modern, kecantikan dengan rambut bersih yang tertutup hijab dan kecantikan hati. Konsep kecantikan di atas dapat mengkontruksi khalayak sebagai kategori kecantikan yang ideal. Sehingga peneliti mengajukan penelitian agar khalayak khususnya perempuan muslimah, tidak terjebak dalam streotype-streotype dalam iklan yang memaknai kecantikan hanya dari penampilan konsep iklan produk-produk kecantikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi perempuan, Hijab, Iklan Shampo Sunsilk Clean and Fresh, Kecantikan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Oct 2017 02:08
Last Modified: 11 Oct 2017 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item View Item