UPAYA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 1 KRACAK AJIBARANG BANYUMAS

Shobirin, 1522603020 (2017) UPAYA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 1 KRACAK AJIBARANG BANYUMAS. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
Shobirin_UPAYA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI MI MA'ARIF NU 1 KRACAK AJIBARANG BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Cover_babI_babV_daftarpustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan salah satu tugas utama guru selain memberikan pengajaran. Pengelolaan kelas merupakan upaya guru mewujudkan situasi dan kondisi kelas, sebagai lingkungan pembelajaran yang menarik dan menantang untuk memungkinkan peserta didik mengembangkan kemampuan mereka semaksimal mungkin. Adapun fokus penelitian ini yaitu berkaitan dengan upaya guru dalam pengelolaan kelas yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Kracak Ajibarang Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah upaya guru dalam pengelolaan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Kracak Ajibarang Banyumas?” Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian sebagai responden adalah para guru atau walikelas kelas 1 sampai kelas 6. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Guna mendapatkan hasil penelitian penulis menggunakan analisis data dengan cara menarik kesimpulan dari data yang bersifat khusus menjadi data yang bersifat umum atau analisis ini bersifat analisis induktif untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan kelas yang diterapkan. Adapun langkahnya terdiri atas: reduksi data, kategorisasi data, sintesisasi, dan diakhiri dengan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Kracak Ajibarang Banyumas sebagai berikut: upaya guru dalam pengelolaan kelas dengan berbagai ruang lingkupnya, para guru telah memperhatikan berbagai aspek seperti, pedoman pelaksanaan, langkah-langkah pelaksanaan, mengoptimalkan keterlibatan peserta didik, dan memperhatikan faktor-faktor yang dapat memberikan kemudahan dan hambatan dengan didasarkan keadaan karakteristik guru, peserta didik, madrasah, dan lingkungan masyarakat.Pengelolaan kelas dengan empat ruang lingkupnya dilaksanakan untuk mencegah timbulnya masalah yang dapat menghambat terciptanya pembelajaran yang menarik dan menantang dan untuk mengatasi segala masalah yang telah timbul dan mengganggu kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Oct 2017 01:38
Last Modified: 11 Oct 2017 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3135

Actions (login required)

View Item View Item