PEMBIASAAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENANAMKAN CINTA AL-QUR’AN DI MI MA’ARIF NU PENARUBAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

Ledi Asifa Kamala, 1323301117 (2017) PEMBIASAAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENANAMKAN CINTA AL-QUR’AN DI MI MA’ARIF NU PENARUBAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text
LEDI ASIFA KAMALA_PEMBIASAAN PENDIDIKAN AKHLAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya akhlak peserta didik disebabkan karena kurangnya kesadaran akan pentingnya cinta terhadap Al-Qur’an yang merupakan pedoman hidup seluruh umat ketika berada di dunia. Untuk mencegah hal itu, maka diperlukan pendidikan akhlak dalam menanamkan cinta Al-Qur’an sedini mungkin dalam kehidupannya secara berulang-ulang. MI Ma’arif NU Penaruban merupakan sebuah madrasah yang didalamnya terdapat pembiasaan pendidikan akhlak dalam menanamkan cinta Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan dan menganalisis Pembiasaan Pendidikan Akhlak dalam Menanamkan Cinta Al-Qur’an di MI Ma’arif NU Penaruban Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga yang terkait dengan pembiasaan, pendidikan akhlak, dan Penanaman Cinta Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa, kepala madrasah, ustadz dan guru di MI Ma’arif NU Penaruban. Objek penelitian Pembiasaan Pendidikan Akhlak dalam Menanamkan Cinta Al-Qur’an di MI Ma’arif NU Penaruban Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses yang dilakukan oleh MI Ma’arif NU Penaruban dalam menanamkan cinta Al-Qur’an adalah melalui empat pembiasaan, yaitu semaan Al-Qur’an, mengaji iqra atau Al-Qur’an, hafalan juz amma, dan pelatihan qiro’ah. Faktor pendukung antara lain: Visi dan Misi sekolah, semangat guru terhadap kemajuan akhlak siswa, guru memiliki kepribadian yang cukup baik, dan sarana prasarana yang mendukung. Kemudian faktor penghambatnya antara lain: Perilaku bawaan sebelum siswa masuk sekolah, waktu pelaksanaan dan lingkungan tempat siswa tinggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan,Pendidikan Akhlak, Penanaman Cinta Al-Qur’an.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:58
Last Modified: 09 Oct 2017 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3110

Actions (login required)

View Item View Item