EkoMuktiPurwanto, 092338171 (2017) EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER, BAB 1, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
EKO MUKTI PURWANTO_EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 BANYUMAS KECMATA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Evaluasidalampendidikan Islam merupakancaraatauteknikpenilaianterhadaptingkahlakupesertadidikberdasarkanstandarperhitungan yang bersifatkomperhensifdariseluruhaspek-aspekkehidupan mental psikologisdan spiritual religiuspesertadidik (ArmaiArif, 2002: 53). Dalamduniapendidikantidakdikenaladanyastagnansi, semuanyamengenalperubahandansenantiasaberubahdarimasakemasa.Perubahankurikulumdarikurikulumberbasisisi(content based curriculum) kekurikulumberbasiskompetensi(competency based curriculum) atau yang sekaranglebihkitakenaldengankurikulum 2004.Perubahankurikuluminiberimbaskepadaperubahanparadigmadalamduniapendidikanbaikdarisegi proses pembelajaranyamaupun system penilainya. Perubahankurikulumtersebutmembawaimplikasiterhadapcara guru mengajar, memperlakukanpesertadidikmaupuncara guru dalammelakukan system penilaianterhadappesertadidik. Perubahanpenilaian yang dimaksudadalahpenilaiandaripendekatannormakepenilaian yang menggunakanacuankriteriaataustandar, yaituaspek yang menunjukanseberapakompetensi yang dimilikipesertadidikmenguasaimateri yang telahdiajarkan. Pergantiankurikulumdari KBK menjadi KTSP memungkinkanadanyaperubahansistemevaluasi. Paling tidak guru harusmempunyaipendukungdenganpersiapan yang matangdalam proses evaluasi. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimana proses evaluasiPembelajaranPendidikan Agama Islam yang dilaksanakanoleh guru di SMK Negeri 2 Banyumas. Untukmencapaitujuantersebutpenulismengambilsubjekyaitu guru mata pelajaranpendidikan Agama Islam. Metode yang digunakandalampengumpulan data yaitumetodeobservasi, wawancara, dan dokumentasiuntukmenganalisa. Selanjutnya data yang terkumpulpenulisanalisisdenganmenggunakanmetodeanalisisdeskriptifkualitatifdenganpolapikirinduktifuntukmendapatkansebuahkesimpulan. Dalammerencanakan program evaluasi guru Pendidikan Agama Islam didukungdengan lima aspekperencanaan, diantaranyatujuanevaluasi, menyusunkisi-kisisoal, menentukanbanyaksedikitsoal, penulisansoal dan penelaahansoal. Selainmerencanakan program evaluasi, guru Pendidikan Agama Islam jugamempunyaijenispengukurandalampenilaian. Adapun lima jenispengukurandalamevaluasi di antaranyadenganulanganharian, tes lisan, ulanganblok, tugaskelompok dan tugas individu. Jadiperosespengukuranevaluasi di atas yang bersumberpada lima aspektersebutdapatmengacupesertadidikdalammelaksanakanpengukuranevaluasi yang tujuannyaadalahmemperolehnilaievaluasipembelajaranPendidikan Agama Islam secarasignifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EvaluasiPembelajaranPendiddikan Agama Islam - Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 01:59 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 01:59 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |