PENERAPAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI MI MA’ARIF NU SOKAWERA PADAMARA PURBALINGGA

AMAR MAGHOZI, 1223305007 (2017) PENERAPAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI MI MA’ARIF NU SOKAWERA PADAMARA PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
AMAR MAGHOZI_PENERAPAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI MI MA’ARIF NU .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas IV MI Ma’arif NU Sokawera adalah kelas yang sudah menerapkan media gambar pada mata pelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan media gambar pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas IV di MI Ma’arif NU Sokawera Padamara Purbalingga. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Media Gambar pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IV di MI Ma’arif NU Sokawera Padamara Purbalingga?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media gambar pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas IV di MI Ma’arif NU Sokawera Padamara Purbalingga, apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Adapun manfaat yang dapat diambil adalah dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai penerapan media gambar untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah wacana mengenai pembelajaran bahasa, terutama bahasa Inggris. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fildresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan media gambar. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan atau aktifitas dalam penerapan media gambar pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas IV di MI Ma’arif NU Sokawera. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, deskripsi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran bahasa Inggris sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran dengan menerapkan media gambar MI Ma’arif NU Sokawera meliputi kegiatan persiapan seperti penyusunan RPP, prota, promes dan lainnya sebelum melakukan pembelajaran. Kegiatan inti pembelajaran atau pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris menggunakan media gambar serta evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Semua rangkaian penerapan media gambar tersebut sudah berjalan efektif terbukti dengan peserta didik lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajarannya. Selain itu, proses pembelajaran sudah sesuai RPP yang disusun oleh guru MI Ma’arif NU Sokawera

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar dan Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 06 Oct 2017 01:26
Last Modified: 06 Oct 2017 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3087

Actions (login required)

View Item View Item