PEMBELAJARAN TAHFIDZ QUR’ANJUZ 30 MENGGUNAKAN METODE PEMBIASAAN DI SD ISLAM PLUS MASYITOH KROYAKABUPATEN CILACAP

ROHANAH, NIM. 1323310045 (2017) PEMBELAJARAN TAHFIDZ QUR’ANJUZ 30 MENGGUNAKAN METODE PEMBIASAAN DI SD ISLAM PLUS MASYITOH KROYAKABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
ROHANAH_PEMBELAJARAN TAHFIDZ QUR’AN JUZ 30 MENGGUNAKAN METODE PEMBIASAAN DI SD ISLAM PLUS MASYITO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)

Abstract

Menghafal Al-Qur'anadalah sebagai langkah awal dalam suatu proses penelitian akbar yang dilakukan oleh para penghafal Al-Qur'an kandungan ilmu-ilmu al-Qur'an, tentunya setelah proses dasar membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Menghafal al-qur’an dapat dilakukan semenjak dini. Semenjak usia anak-anak. Anak-anak merupakan potensi yang baik untruk membangun dan memperkokoh sebuah masyarakat serta menjaga al-Qur’an. Dalam hal ini proses menghafal Al-Qur'an pada garis besarnya.SD IslamPlus MasyitohKroya merupakan salah satu lembaga pendidikan formal tingkat sekolah dasar yang telah menyelenggarakan program kegiatan pembiasaan di bidang keagamaan antara lain BTQ tahfidzul Qur'an, bina sholat khusyuk baik sholat dhuha maupun sholat dzuhur. Namun belum ada suatu proses analisis yang mengevaluasi kelebihan, kekurangan, dan tingkat keberhasilan kegiatan-kegiatan tersebut serta seberapa besar pengaruh kegiatan pembiasaan tersebut terhadap perkembangan kegamaan pada perserta didik. Penelitianini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskanPelaksanaan Program Tahfidz Qur’an Juz 30 Menggunakan Metode Pembiasaan di SD Islam Plus Masyitoh Kroya.Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang merupakan penelitian dengan cara terjunlangsung ke lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah diolah peneliti tentang pelaksanaan program tahfidz Al Qur,an juz 30 di SD Islam Plus Masyitoh Kroya kabupaten Cilacap dapat disimpulkan bahwa Program Tahfidz Qur’an Juz 30 atau Juz`ammamerupakan sistem atau kegiatan yang dilaksanakan di SD Islam PlusMasyithohKroya untuk peserta didik dalam menghafal juz’amma dengan menggunakan metode pembiasaan dilakukan secara kontiniu setiap hari, teratur dan terprogram. Sehingga peserta didik akan hafal dengan sendirinya, dan sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan kerjasama yang baik antara peserta didik dengan ustadz dan ustadzah yang terlibat langsung sehingga programnya dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tahfidz Qur’an Juz 30, Metode Pembiasaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 05 Oct 2017 07:30
Last Modified: 05 Oct 2017 07:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3078

Actions (login required)

View Item View Item