PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ BAITUL HIKMAH PURWOKERTO WETAN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

RENI PANCA WATI, NIM. 1323301022 (2017) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ BAITUL HIKMAH PURWOKERTO WETAN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RENI PANCA WATI_PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ BAITUL HIKM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode merupakan salah satu komponen pembelajaran dalam serangkaian sistem pembelajaran dan memegang peranan dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak, karena membaca merupakan awal dari segala ilmu. Karena seperti kata pepatah “belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu sedangkan belajar di waktu besar bagai mengukir di atas air ” maka dari itu sangat penting memberikan pembelajaran kepada anak usia dini, khususnya pembelajaran membaca Al-Qur’an yang nantinya dengan belajar Al-Qur’an akan banyak sekali memberikan manfaat sekaligus juga pahala. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Hikmah Purwokerto Wetan. Tujuan penelitian ini adalah penulis dapat mendeskripsikan penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Baitul Hikmah Purwokerto Wetan. Objek penelitian ini adalah penerapan metode tilawati sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan adanya metode tilawati sangat membantu santri dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an khususnya dalam materi huruf hijaiyah siswa dapat membaca huruf hijaiyah sesuai dengan makhorijul huruf. Dalam penerapan metode tilawati asatidzah lebih menonjolkan pada metode pembiasaan, metode latihan dan metode individual agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan dalam proses pembelajarannya siswa diselingi dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung agar pembelajaranmenjadi lebih menyenangkan, tidak membosankan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Tilawati, TPQ Baitul Hikmah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 05 Oct 2017 01:57
Last Modified: 05 Oct 2017 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3067

Actions (login required)

View Item View Item