STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (PENELITIAN DI KELAS V MI MA;ARIF NU 1 PENGADEGAN PURBALINGGA TAHUN 2016/2017)

TUTUT NURAENI, 1323305069 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (PENELITIAN DI KELAS V MI MA;ARIF NU 1 PENGADEGAN PURBALINGGA TAHUN 2016/2017). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
TUTUT NURAENI_STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dapat dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru di dalam kelas. MI Ma’arif NU 1 Pengadegan purbalingga telah menerapkan strategi pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata pelajaran matematika di kelas V. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata pelajaran matematia terhadap hasil belajar siswa di kelas V MI Ma’arif NU 1 Pengadegan, Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif model jisaw terhadap hasil belajar siswa dan seberapa besar pengaruhnya tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch) dengan pendekatan kuantitatif, untuk meneliti pada populasi tertentu. Objek dalam penelitian ini adalah strategipembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata pelajaran matematika . populasi dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedang teknis analisis data adalah menggunakan analisis dengan uji t-test dependent. Hasil dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa di kelas V MI Ma’arif NU 1 Pengadegan Purbalingga tahun 2016/2017. Besar pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif model jigsaw. Artinya, variabel X (strategi pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata pelajaran matematika) berpengaruh pada variabel Y (Hasil belajar siswa). Dari output uji t-test dependent diperlihatkan besarnya thitung< - ttabel yaitu -6,873 < -1,729 denga nilai signifikansi 0,000 yang mengandung pengertian bahwa Ha diterima dan Ho ditolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi kooperatif model jigsaw, hasil belajar matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 04 Oct 2017 08:55
Last Modified: 04 Oct 2017 08:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item