PENGARUH MEDIA CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS III DI MI NEGERI WATUAGUNG TAMBAK

Avi Aldini Saputri, NIM. 1323305036 (2017) PENGARUH MEDIA CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS III DI MI NEGERI WATUAGUNG TAMBAK. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (814kB) | Preview
[img] Text
PENGARUH MEDIA CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS III DI MI NE~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang konvensional pada mata pelajaran bahasa Inggris di MI Negeri Watuagung Tambak kurang membuat siswa belajar secara aktif. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah penggunaan media yang dapat diterapkan untuk mengaktifkan pembelajaran siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris yaitu media crossword puzzle. Media crossword puzzle adalah salah satu macam media dari strategi active learning, yaitu dapat membuat siswa berpartisipasi secara aktif. Permasalahan yang diambil dari penelitian ini adalah apakah peningkatanvocabularysiswa pada mata pelajaran bahasa Inggris yang menggunakan media crossword puzzle lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan media crossword puzzle? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan vocabulary siswa yang menggunakan media crossword puzzle dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media crossword puzzle pada kelas III di MI Negeri Watuagung Tambak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fild research) dengan menggunakan metode eksperimen desain Control Group Experiment yang diterapkan dalam Control Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Negeri Watuagung Tambak yang berjumlah 103 siswa. Untuk pengambilan sampel yaitu siswa kelas III A dan III B yang berjumlah 51 siswa.Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji Independent Sample T-testuntuk uji hipotesis karena sampel berdistribusi normal dan homogen. Dan untuk mengetahui peningkatan hasil nilai siswa dilakukan analisis N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan vocabulary siswa yang menggunakan media crossword puzzle lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan media crossword puzzle. Dengan perolehan hasil posttest kelas ekperimen 81 dan posttest kelas kontrol 65,5. Sedangkan hasil data analisis N-Gainperolehan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen adalah 0,497474 tergolong kategori sedang dan untuk N-Gain kelas kontrol adalah 0,126442tergolongkategorirendah. Untuk uji-t N-Gain diperolah nilai P = 0,009 ≤α (0,05). Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat dikatakan bahwa peningkatan vocabulary siswa yang menggunakan media crossword puzzle lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan media crossword puzzle.”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Crossword Puzzle, Vocabulary Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:32
Last Modified: 04 Oct 2017 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3058

Actions (login required)

View Item View Item