Internalisasi Nilai-nilai Multikultural di SD Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto

Andri Satria, 1522603005 (2017) Internalisasi Nilai-nilai Multikultural di SD Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
Andri Satria -INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SD NASIONAL 3 BAHASA PUTERA HARAPAN PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Internalisasi nilai-nilai multikultural dilakukan sebagai suatu upaya untuk mengenalkan keragaman kebudayaan serta untuk menghargai perbedaan yang terdapat di masyarakat pada umumnya. Artinya, internalisasi nilai-nilai multikultural ingin mengeksplorasi perbedaan sebagai keniscayaan (anugerah tuhan/sunnatullah). Internalisasi nilai-nilai multikultural merupakan salah satu cara untuk mengenalkan keragaman kepada peserta didik tanpa mempermasalahakan perbedaan agama, gender, etnik, ras, suku, budaya, status sosial dan lain sebagainya. Dari hasil observasi di SD Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto, pendidik sudah menerapkan dengan baik internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran maupun keseharian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan pasti yang konkret dan bisa dipertanggungjawabkan tentang internalisasi nilai-nilai multikultural di SD Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau tulisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, dianalisis dengan menggunakan data sebelum di lapangan berupa data-data sementara yang peneliti dapatkan ketika melakukan studi pendahuluan dan analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, dan menyajikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Proses internalisasi nilai-nilai multikultural di SD Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto dilakukan melalui berbagai macam cara, seperti: a) guru dalam memberi ruang internalisasi nilai-nilai multikultural, b) penyatuan peserta didik majemuk di SD Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto, c) materi bernilai multikultural berprinsip, dan d) sistem organisasi kelas. 2) Hasil internalisasi nilai-nilai multikultural kepada peserta didik di SD Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto tidak lepas dari kesungguhan pendidik dalam menginternalisasikan nilai-nilai multikultural selama ini. Hasil dari internalisasi nilai-nilai multikultural yaitu peserta didik kini hidup dengan berprinsip pada a) menerapkan nilai demokrasi, b) menghargai kesetaraan atau gender, c) hidup dalam keadilan, d) toleransi antar umat beragama, e) menghormati HAM (Hak Asasi Manusia), dan f) mempererat persatuan dan kesatuan. Kata kunci: Pendidikan, Internalisasi, Proses, Nilai Multikultural.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Internalisasi, Proses, Nilai Multikultural.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:03
Last Modified: 20 Nov 2019 08:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3052

Actions (login required)

View Item View Item