KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD ISLAM TERPADU ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA

Anny Aprillia, 1223305011 (2016) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD ISLAM TERPADU ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (809kB) | Preview
[img] Text
ANNY APRILLIA_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD ISLAM TERPADU ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan berperan penting untuk pembangunan negara Indonesia di masa kini dan masa yang akan datang. Melalui proses pendidikan itulah potensi anak dikembangkan, tidak hanya mencapai tujuan agar anak cerdas, tetapi juga berakhlak mulia. Pendidikan dasar merupakan fondasi awal untuk menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Guna mencapai tujuan tersebut maka diperlukan beberapa komponen, salah satu komponen tersebut adalah guru. Guru merupakan salah satu dari komponen pendidikan yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran menuju pendidikan yang berkualitas. Tugas utama guru adalah merancang, mengelola, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Oleh karena itu kemampuan dan kecakapan harus dimiliki oleh seorang guru agar tercapainya tujuan pendidikan. Ada lima indikator kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu sebagaimana yang tercantum di dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru di SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah menambah pengetahuan dan sebagai bahan acuan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga dan sebagai sarana untuk memperluas pengetahuan dan menambah wawasan bagi penulis dan pembaca tentang kompetensi profesional guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dan berupa penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga yang berjumlah 55 orang guru. Metode pengumpulan data adalah dengan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru di SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga, yang meliputi 5 indikator/ruang lingkup kompetensi profesional mengacu Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007, dari hasil penelitian menunjukkan 55 guru berkompeten, hanya perlu dilakukan PTK untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya. Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru SD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 22 Jun 2016 01:02
Last Modified: 22 Jun 2016 01:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item