PERAN KEPALA MADRASAH, GURU, DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI MIN WATUAGUNG DAN MI ROBITHOTUT TALAMIDZ KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS Azis Rakhmanto 1522605029

Azis Rakhmanto, 1522605029 (2017) PERAN KEPALA MADRASAH, GURU, DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI MIN WATUAGUNG DAN MI ROBITHOTUT TALAMIDZ KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS Azis Rakhmanto 1522605029. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
AZIS RAKHMANTO TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BABV_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Budaya madrasah merupakan salah satu aspek penting untuk mencapai tujuan pendidikan dari tiga aspek lainnya yaitu proses pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen madrasah. Budaya madrasah memiliki nilai-nilai, kepercayaan, norma-norma yang dijadikan sebagai nilai bersama warga madrasah untuk berperilaku dalam menghadapi tantangan madrasah. Salah satu nilai yang dijadikan pedoman warga madrasah adalah nilai religius. MIN Watuagung dan MI Robithotut Talamidz Tambak Banyumas memiliki budaya religius yang dikembangkan agar warga madrasah memiliki sikap dan perilaku religius sesuai dengan visi madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya religius secara holistik yang dikembangkan di MIN Watuagung dan MI Robithotut Talamidz Tambak Banyumas dan mendeskripsikan peran kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu peran kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran kepala madrasah dalam mengembangkan budaya religius dilakukan dengan: 1. Menetapkan visi dan misi madrasah; 2. Melakukan fungsi manajemen pada aspek kontroling atau evaluasi yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil dengan melalui program PODOA. Peran guru dan tenaga kependidikan dalam mengembangkan budaya religius pada aspek pengelolaan kelas yaitu: 1. Menjaga kelas kondusif dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan doa bersama, hafalan asmaul husna dan hafalan ayat-ayat al quran serta doa-doa; 2. Menata setting kelas dengan menempel slogan-slogan dan poster terkait pengembangan budaya religius; 4. Memantau pembudayaan religius yang dilaksanakan peserta didik. Masing-masing peran yang mereka laksanakan sesuai hak dan kewajiban serta fungsi dalam rangka membentuk peserta didik menjadi muslim yang Sholih, Amanah, Terampil, Unggul dalam Prestasi Berakhlakul Karimah, dan Islami.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Madrasah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Budaya Religius.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 19 Sep 2017 00:44
Last Modified: 19 Sep 2017 00:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3002

Actions (login required)

View Item View Item