MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MI NEGERI PEKUNCEN DAN MI MA’ARIF 04 GENTASARI KROYA CILACAP

Nurul Fadilah, NIM: 1423402061 (2017) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MI NEGERI PEKUNCEN DAN MI MA’ARIF 04 GENTASARI KROYA CILACAP. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NURUL FADHILAH_MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MI NEGERI PEKUNCEN DAN MI MA’ARIF 04 GENTASARI KECAMATA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Upaya meningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu proritas dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Dalam penyelenggaraan proses pendidikan, peserta didik harus dikelola dengan baik sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas dan relevan dengan pembangunan. Dalam pelaksanaannya, manajemen peserta didik tidak berjalan dengan lancar sehingga melenceng dari tujuan pendidikan itu sendiri. Berbeda dengan MI Negeri Pekuncen dan MI Ma’arif 04 Gentasari Kroya Cilacap yang memiliki prestasi yang membanggakan baik dibidang akademis maupun non akademis yang diraih oleh peserta didiknya. Atas dasar inilah maka penulis memfokuskan penelitiannya tentang bagaimana manajemen peserta didik di MI Negeri Pekuncen dan MI Ma’arif 04 Gentasari Kroya Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan pustakawan sebagai subyek pendukung. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa manajemen peserta didik di MI Negeri Pekuncen dan MI Ma’arif 04 Gentasari merupakan kegiatan yang tersusun yang meliputi perencanaan manajemen peserta didik, pelaksanaan, dan pengawasan peserta didik. Perencanaan manajemen peserta didik yang meliputi tahapan perkiraan, perumusan tujuan, kebijakan,membanggakan baik dibidang akademis maupun non akademis yang diraih oleh peserta didiknya. Atas dasar inilah maka penulis memfokuskan penelitiannya tentang bagaimana manajemen peserta didik di MI Negeri Pekuncen dan MI Ma’arif 04 Gentasari Kroya Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan pustakawan sebagai subyek pendukung. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa manajemen peserta didik di MI Negeri Pekuncen dan MI Ma’arif 04 Gentasari merupakan kegiatan yang tersusun yang meliputi perencanaan manajemen peserta didik, pelaksanaan, dan pengawasan peserta didik. Perencanaan manajemen peserta didik yang meliputi tahapan perkiraan, perumusan tujuan, kebijakan, penyusunan langkah-langkah, penjadwalan, dan pembiayaan telah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan manajemen peserta didik meliputi perencanaan, penerimaan, orientasi, mengatur kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik di sekolah, mengatur pengelompokkan peserta didik, Pembinaan dan pengembangan peserta didik, serta pencatatan dan pelaporan peserta didik. Pengawasan manajemen peserta didik di MI Negeri Pekuncen secara internal dan di MI Ma’arif 04 Gentasari secara internal dan pengawasan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Management, students, madrasah ibtidaiyyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 18 Sep 2017 01:49
Last Modified: 18 Sep 2017 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2986

Actions (login required)

View Item View Item