STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 SUMBANG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Rusdianto, NIM: 092331121 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 SUMBANG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
RUSDIANTO_STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 SUMBANG SEMESTER II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi pembelajaran aktif adalah suatu strategi pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Dalam pembelajaran aktif peserta didik yang mendominasi proses pembelajaran, peserta didik akan aktif menggunakan otaknya baik dalam mengemukakan ide atau mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan di SD Negeri 1 Sumbang Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research), dimana lokasi penelitian adalah SD Negeri 1 Sumbang. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalahstrategipem belajaran aktif Pendidikan Agama Islam, sedangkan subjek penelitianya adalah pendidik bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VB yaituIbuUmi Fauziah dan peserta didik kelasVB di SD Negeri 1 Sumbang. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, penulis gunakan beberapametodeyaitu: metodeobservasi, wawancaradandokumentasi. Dalammenganalisis data yang diperolehdarihasilpenelitian, penulismenggunakanteknikanalisis data kualitatif. Dari hasilpenelitianinimenunjukanbahwastrategipembelajaranaktifPendidikan Agama Islam yang diterapkan di SD Negeri 1 Sumbangmemberikankemudahanbagipesertadidikdalammemahamimateripembelajarandiantaranya: Card Short (menyortirkartu), Index Card Match (mencaripasangan),Every One Is A Teacher Here (semuaberhakmenjadi guru), True Or False (benarapasalah), Reading Aloud (membacanyaring), danModelling The Way (membuatcontohpraktek). SecaraumumadatigapokokdalampelaksanaanpenerapanstrategipembelajaranPendidikan Agama Islam padakelas VB di SD Negeri 1 Sumbang, yaitutahappersiapan/ perencanaan, tahap pelaksanaan proses pembelajaran, sertataha pevaluasidantindaklanjut. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Jun 2016 05:13
Last Modified: 21 Jun 2016 05:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item View Item