UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI METODE HALAQAH DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

Galih Prayoga, 1323305049 (2017) UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI METODE HALAQAH DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
GALIH PRAYOGA_UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah suatu proses atau cara untuk membentuk anak-anak agar mempunyai kepribadian yang lebih religius. Dan diharapkan anak-anak mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungan. Halaqah merupakan metode pendidikan Islam yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW semasa beliau melakukan dakwah Islam. Namun sejalan dengan perkembangannya, halaqah dijadikan sebagai metode pendidikan islam yang dilaksanakan secara terprogram dengan uraian materi yang telah ditentukan yang seperti diterapkan oleh SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Upada Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Metode Halaqah di SDIT Harapan Bunda Purwokerto?”. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran yang jelas mengenai proses pembentukan karakter melalui metode halaqahyang dilaksanakan di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitusuatustudiempirisdengancaraterjunlangsungdilokasipenelitianterhadapfenomena-fenomena yang terjadi. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitiankualitatifbertujuanuntukmemahamikejadian yang dialamiolehsubjekpenelitiansepertiperilakudengancaradeskripsidalambentuk kata-kata danbahasa, padasuatukontekskhusus yang alamiahdandenganmemanfaatkanberbagaimetodeilmiah. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode yaitu pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikankesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam pembentukan karakter siswa melalui metode halaqah di SDIT Harapan Bunda Purwokerto dilaksanakan dengan tiga tahap. Tahap pertama guru melakukan pemberian pengetahuan tentang moral kepada siswa dengan pemberian materi, tahap kedua guru melakukan evaluasi perasaan tentang moral siswa pada saat metode halaqah berlangsung, tahap ketiga guru melakukan tindakan moral dengan menerapkan materi yang sudah disampaikan dalam kegiatan sehari-hari di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pendidikan Kharakter, Character Education, Metode Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 11 Sep 2017 07:46
Last Modified: 11 Sep 2017 07:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item View Item