PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA

Marini Saraswati, 1323305012 (2017) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
MARINI SARASWATI_PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDIT AL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya faktor keluarga khususnya perhatian orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah. Dari hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas IV SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga, didapat bahwa prestasi belajar siswa bervariasi, ada yang mendapatkan nilai tinggi, sedang dan rendah. Prestasi belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya yaitu faktor perhatian orang tua. Perhatian orang tua dirasa penting, karena dalam proses belajar tidak hanya memperhatikan dari mutu instansi pendidikan saja (sekolah) tapi faktor keluarga yaitu perhatian orang tua yang menyebabkan anak semangat belajar dan terpenuhi kebutuhan belajarnya sehingga anak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Penelitian ini dilakukan pada orang tua siswa kelas IV SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (fieldresearch) dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 43,2%. Sedangkan sisanya 56,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini misalnya faktor internal siswa diantaranya inteligensi, minat dan motivasi,cara belajar siswadan faktor eksternal seperti faktor sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perhatian, orang tua, prestasi belajar, siswa.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:08
Last Modified: 11 Sep 2017 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2939

Actions (login required)

View Item View Item