KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MASYITHOH KROYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Dina Durotun Nafisah, 102331184 (2017) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MASYITHOH KROYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
DINA DUROTUN NAFISAH_KOMPENTENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kesadaran bahwa penguasaan kompetensi memiliki makna yang sangat penting baik bagi guru, lembaga sekolah maupun peserta didik. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru agar mampu mengelola perilaku pribadinya sehingga ini akan membantu upaya pengembangan karakter siswa, yaitu dengan menampilkan diri sebagai sosok yang bisa di gugu (didengar nasehatnya) dan ditiru (diikuti). Dengan menguasai kompetensi kepribadian, seorang guru akan dapat berkomunikasi secara baik dengan peserta didiknya, mampu menjadi sosok yang menjadi teladan bagi peserta didik maupun masyarakat luas sehingga hal ini akan mempermudah guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat kejelasan tentang kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMP Masyithoh Kroya Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan guru Pendidikan Agama Islam, sedangkan data sekunder diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahap, antara lain: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan /verifikasi). Hasil penelitian menunjukan: Kompetsi Kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMP Masyithoh Kroya sudah sangat baik dan sesuai dengan teori dan kompetensi inti dari kompetensi kepribadian menurut Keputusan Menteri Agama Nomor 211 Tahun 2011. Namun, ada indikator kompetensi kepribadian yang belum dapat dilaksanakan dengan baik, yaitu memahami kode etik profesi guru Pendidikan Agama Islam. Walaupun demikian, hal tersebut tidak mengurangi kualitas kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMP Masyithoh Kroya, karena dalam hal ini guru sudah mampu berperilaku sesuai dengan kode etik guru PAI serta untuk meningkatkan kualitas kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMP Masyithoh Kroya juga telah dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas kepribadian seperti pelatihan dan kegiatan seperti sertifikasi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Kompetensi, Kepribadian, Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Sep 2017 03:45
Last Modified: 08 Sep 2017 03:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2914

Actions (login required)

View Item View Item