UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SISWA (Studi Kasus Di SD Negeri Bulupayung 02 )

Ibnu Kholid Hidayat, 1223103012 (2017) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SISWA (Studi Kasus Di SD Negeri Bulupayung 02 ). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IBNU KHOLID HIDAYAT_UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SISWA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan siswa usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru sebagai pembimbing dan pendidik harus dapat menerapkan bimbingan bagi siswa yang baik yang sesuai dengan pertumbuhan siswa dan perkembangannya. Dengan demikian Guru secara profesi bertugas mendidik siswa tersebut sejak masuk sekolah dasar. Kemandirian adalah keadaan seseorang yang dapat berdiri sendiri yang tumbuh dan berkembang karena disiplin dan komitmen sehingga dapat menentukan diri sendiri yang dinyatakan dalam tindakan dan perilaku yang dapat dinilai. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas 1 sampai kelas III SD Negeri Bulupayung 02 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok sebagai upaya untuk mengembangkan nilai kemandirian siswa. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualititatif, karena penelitian ini akan menggunakan data-data obyektif, terukur, dan sistematis mengenai kebutuhan peserta didik Sekolah Dasar. Hasil dari penelitian yang dilakukan setiap individu berbeda-beda tapi intinya bimbingan guru terhadap siswa punya ambil besar dalam proses pembentukan sikap mandiri dan sangat mempengaruhi terhadap individu siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan karya ilmiah dengan fokus penelitian yang lebih menarik sehingga dengan penelitian yang sudah ada ini dapat memperoleh pemahaman yang diperlukan dimana guru kelas SD Negeri Bulupayung 02 berperan ganda, selain sebagai Guru Kelas juga sebagai Guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik SD Negeri Bulupayung 02.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru, Siswa, Bimbingan, Mandiri, Metode
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 08 Sep 2017 03:39
Last Modified: 08 Sep 2017 03:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2913

Actions (login required)

View Item View Item