IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

Ita Syarifah Mudrikah, 1323303064 (2017) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
ITA SYARIFAH MUDRIKAH_IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)

Abstract

Kegiatan utama pendidikan di sekolah dalam rangka mewujudkan tujuannya adalah kegiatan pembelajaran, sehingga seluruh aktivitas organisasi sekolah bermuara pada perencanaan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.Untuk mengetahui sejauh mana guru mampu melaksanakan pembelajaran, secara berkala kepala sekolah perlu melaksanakan kegiatan supervisi.Oleh karena itu, salah satu tugas kepala sekolah adalah sebagai supervisor, yaitu kegiatan mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh guru-guru.Salah satu kegiatan supervisi yang perlu dilakukan oleh kepala sekolah yaitu melaksanakan kegiatan supervisi akademik.Melalui supervisi akademik diharapkan kualitas akademik yang dilakukan oleh guru semakin meningkat. Peningkatan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar akan mendorong peningkatan kualitas pembelajaran bagi siswa.Untuk itu, kepala sekolah harus bisa mengetahuipencapaian guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan dilakukanya Penelitian ini, untuk mendeskripsikan implementasi supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah berkaitan dengan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar terutama peningkatan mutu pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, wakakesiswaan, dan guru yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto. Dari hasil penelitian kemudian data dikumpulkan dan dianalisis, kemudian data tersebut direduksi, selanjutnya data tersebut disajikan dalam bentuk tabel dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto sudah berjalan cukup baik, hal ini terlihat pada bagian pelaksanaan teknik supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Supervisi akademik yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto oleh kepala sekolah berjalan sesuai jadwal yang telah dibuat diawal tahun akademik dan diakhir tahun akademik. Masing-masing guru mendapat minimal dua kali disupervisi, dua kali di semester gasal dan dua kali di semester genap. Sehingga setiap semester keterampilan mengajar guru bertambah baik dan dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Kepala sekolah memberikan fasilitas yang dapat menunjang kompetensi guru yaitu berupa workshop, in house training, MGMP, KKG.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akdemik, Mutu Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Sep 2017 02:28
Last Modified: 08 Sep 2017 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2902

Actions (login required)

View Item View Item