Nur Cahyaningsih, 1323301132 (2017) PENDIDIKAN AKHLAK :PEMBINAAN SIKAP SOPAN SISWA TERHADAP GURU DI MTs NEGERI I RAKIT, KECAMATAN RAKIT, KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER, BAB 1, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
NUR CAHYANINGSIH_PENDIDIKAN AKHLAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan utama pembinaan dalam Islam adalah membentuk akhlak atau budi pekerti yang baik. Dalam era globalisasi saat ini dapat mengetahui informasi dengan cepat, jika tidak dapat memilih yang baik maka dapat menurunkan akhlak dalam kalangan pelajar. Oleh karena itu adanya pembinaan akhlak karimah bagi peserta didik sangat penting. Atas dasar itulah pihak sekolah MTs Negeri I Rakit khususnya guru-guru mengadakan pembinaan sikap sopan siswa dengan berbagai kegiatan keagamaan bertujuan untuk meningkatkan akhlakul karimah khususnya sikap sopan terhadap guru bagi peserta didik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pembinaan sikap sopan siswa terhadap guru di MTs Negeri I Rakit, kecamatan Rakit, Kabupaten Banjarnegara? Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui pembinaan sikap sopan siswa terhadap guru di MTs Negeri I Rakit. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskripstif kualitatif dengan subjek penelitian Kepala Sekolah MTs Negeri I Rakit, guru bidang kesiswaan, guru mapel fikih, akidah akhlak, bahasa arab, bahasa Indonesia, wali kelas, yang menjadi sampel yaitu wali kelas VII D, VIII F dan IX D , dengan para siswa baik kelas VII, VIII, IX. Objek penlitian Pembinaan Sikap Sopan Siswa Terhadap Guru Di MTs Negeri I Rakit. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian tentang Pembinaan Sikap Sopan Siswa Terhadap Guru Di MTs Negeri I Rakit, mengatakan bahwa pembinaan sikap sopan dilakukan guru yaitu sikap sopan dalam berbahasa, sopan santun dalam berperilaku, sopan santun dalam berpakaian. Proses pembinaan yang dilakukan yaitu melalui teguran, peringatan, dan sanksi, kemudian pertemuan wali murid, wali kelas, melalui kegiatan ekstra seaman kitab ta’lim muta’alim, dan pemindahan peserta didik yang memiliki sikap kurang baik dengan dipindahkan di kelas F. Dengan pembinaan yang dilakukan dan proses pembinaan tersebut oleh guru diharapkan para peserta didik memiliki sikap terpuji dan memiliki sikap sopan terhadap guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Sikap Sopan, Siswa, MTs Negeri I Rakit |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 02:20 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 02:20 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2900 |
Actions (login required)
View Item |