IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

UTYA MATHLAUL HASNA, NIM: 1323301043 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
UTYA MATHLAUL HASNA_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan aset penting untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, mulai dari kebutuhan individu maupun kelompok untuk mencapai tujuan. Pendidikan juga merupakan suatu kebutuhan mendasar yang membentuk pola fikir dan kepribadian manusia. Seiring dengan perkembangan zaman yang terus mengalami perubahan dan kemajuan ke arah modern, hal ini menjadi pertimbangan dalam mendidik dan membentuk kepribadian anak agar tidak terjerumus ke dalam nilai-nilai yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Pendidikan karakter adalah hal yang menjadi dasar dalam pembentukan kepribadian manusia untuk menciptakan generasi yang mengesakan Allah SWT, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dan berperilaku Islami. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang bermaksud menggambarkan bagaimana pendidikan karater terhadap peserta didik melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa, sedangkan untuk lokasi penelitian yang peneliti ambil adalah di SDIT Harapan Bunda Purwokerto yang berlokasi di Jl. K.H. Wahid Hasyim Gg. Pesarean Karang Klesem Kec. Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pendidikan karakter siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto pada dasarnya sudah ditanamkan. Semua jenis nilai-nilai spiritual sudah ditanamkan, mulai dari nilai religius, nilai estetika, nilai moral, dan nilai kebenaran/ empiris. Jadi, disetiap kegiatan ataupun pembelajaran peserta didik selalu mendapatkan pantauan dari semua pihak. Proses tahfidz qur’an yang dilaksanakan setiap hari yang dimulai pada pagi hari, bahkan ketika peserta didik berada dirumah pun secara tidak langsung masih ada pemantauan oleh orang tua yang bekerjasama dengan pihak sekolah. Pendidikan karakter siswa yang diprogramkan danditeliti yaitumengenai tahfidz qur’annya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Qur'an dan Pendidikan KArakter, Pendidikan Qurani, Pendidikan BUdi Pekerti
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 07 Sep 2017 07:21
Last Modified: 07 Sep 2017 07:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item View Item