Nur, Asiah (2025) PARENTING IBU MUDA BERBASIS BAHASA KRAMA INGGIL DALAM MEMBENTUK KARAKTER BUDI PEKERTI ANAK DI DESA GUNUNG LURAH KECAMATAN CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Nur Asiah_Parenting Ibu Muda Berbasis Bahasa Krama Inggil Dalam Membentuk Karakter Budi Pekerti Anak Di Desa Gunung Lurah Kecamatan Cilongok Banyumas.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
PARENTING IBU MUDA BERBASIS BAHASA KRAMA INGGIL DALAM MEMBENTUK KARAKTER BUDI PEKERTI ANAK DI DESA GUNUNG LURAH KECAMATAN CILONGOK BANYUMAS Nur Asiah NIM. 214110101208 Email: [email protected] Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap semakin memudarnya penggunaan bahasa krama inggil dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam mengajarkannya pada generasi muda. Awalnya di Desa Gunung Lurah, ada sekitar 80% generasi muda masih menggunakan bahasa krama inggil, namun setiap dua tahun terjadi penurunan sekitar 15%. Hingga saat ini, hanya 25% generasi muda yang masih aktif menggunakan bahasa krama inggil. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis pola asuh yang diterapkan oleh ibu muda di Desa Gunung Lurah, serta untuk memahami dampak dari penggunaan bahasa Krama Inggil dalam membentuk karakter budi pekerti anak-anak di desa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai praktik Parenting di Desa Gunung Lurah. Subjek bernama ibu LLK, usia 28 tahun, baru memiliki satu anak yang berusia 3 tahun, dan menggunakan bahasa krama inggil sebagai alat komunikasi sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar ibu muda di Desa Gunung Lurah menerapkan Parenting otoriter, tetapi terdapat satu kasus menarik dari seorang ibu muda bernama ibu LLK yang menggunakan Parenting demokratis berbasis bahasa krama inggil untuk menanamkan nilai budi pekerti pada anak. (2) penggunaan bahasa krama inggil terbukti efektif dalam membentuk karakter anak, ditunjukkan dengan kemamampuan MAA berbicara bahasa krama inggil dengan lancar, unggah-ungguh yang baik, sikap suka berbagi dengan teman, serta apresiasi dari masyarakat sekitar. Meskipun menghadapi tantangan seperti pengaruh lingkungan pertemanan anak dan masyarakat. (3) keberhasilan pola asuh ini dipengaruhi oleh konsistensi orang tua, lingkungan keluarga yang mendukung, dan pembiasaan sejak dini. (4) penerapan teori moral Kohlberg dan teori ekologi Bronfenbenner menunjukkan bahwa proses pengajaran bahasa krama inggil tidak hanya membentuk kecakapan komunikasi, tetapi juga moralitas anak, seperti rasa hormat dan kesantunan, yang menjadi landasan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Kombinasi kedua teori ini menegaskan bahwa lingkungan dan pengasuhan berbasis nilai budaya lokal efektif dalam mendukung pembentukan karakter anak. Kata Kunci: Parenting, Bahasa Krama Inggil, Karakter Anak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Parenting, Bahasa Krama Inggil, Karakter Anak |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Nur Asiah |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:35 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:35 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |