IMPLEMENTASI PROGRAM PARENTING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK GUNA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI PADA ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU AL-HIKMAH DESA LIMBANGAN KUTASARI PURBALINGGA

Nurul, Setiani (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM PARENTING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK GUNA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI PADA ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU AL-HIKMAH DESA LIMBANGAN KUTASARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurul Setiani_IMPLEMENTASI PROGRAM PARENTING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK GUNA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI PADA ANAK USIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak usia dini mengalami fase perkembangan yang paling pesat, sehingga untuk mengoptimalkan perkembangannya anak perlu di bekali pendidikan di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD). Dalam upaya mengoptimalkan fase perkembangan anak, PAUD Terpadu Al-Hikmah membentuk Program Parenting secara terencana untuk menyamakan antara visi misi sekolah dengan wali murid yaitu Parent Class. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidik dan wali murid mengimplementasikan bimbingan parenting guna mengembangkan kecerdasan emosi murid di PAUD Terpadu Al-Hikmah Limbangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 3 pendidik, 3 wali murid, dan para murid sebagai subjek pendukung. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program parenting yang terlaksana menggunakan metode bimbingan kelompok dengan memberikan pemaparan materi sesuai dengan kebutuhan pendidik dan wali murid dalam mendidik anak guna mengembangkan tumbuh kembangnya, terutama perkembangan emosi yang menjadi pondasi anak di masa mendatang. Perkembangan kemampuan emosial murid yang menjadi catatan antara lain yaitu kesadaran diri, kemampuan bertanggung jawab, dan kemampuan prososial. Dalam mengembangkan kemampuan emosional murid, antara pendidik dengan wali murid memiliki komunikasi yang terbangun untuk memantau perkembangan murid baik di lingkungan sekolah maupun rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Bimbingan Parenting, Kecardasan Emosional, PAUD
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 101 Theory of philosophy
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurul Setiani
Date Deposited: 16 Jan 2025 03:56
Last Modified: 16 Jan 2025 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/28943

Actions (login required)

View Item View Item