PENGGUNAAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SDN 01 CIBUYUR KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG

Agus Durozak, NIM: 102338025 (2017) PENGGUNAAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SDN 01 CIBUYUR KECAMATAN WARUNGPRING KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PENUH_AGUS_DUROZAK_102338025.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pada pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SDN 01 Cibuyur Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa yang diambil dari kelas III SDN 01 Cibuyur Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Pelaksanaan penggunaan media pada pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Desa Cibuyur Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang didapat dari observasi langsung terhadap guru dan siswa dengan menggunakan pedoman observasi. Pedoman observasi terhadap guru terkait dengan penggunaan media pada pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an meliputi aspek: penggunaan media dalam proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan hasil evaluasi siswa dalam proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an menggunakan media pembelajaran. Sedangkan pedoman obsservasi terhadap siswa meliputi: kemampuan siswa dalam menangkap penggunaan media pada pelajaran Baca Tulus Al-Qur’an dan keampuan siswa dalam memahami isi materi yang terkandung didalam media pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (kebenaran dalam mengerjakan media pembelajaran). Peneliti juga melakukan wawancara kepada kepala sekolah, guru dan siswa SDN 01 Cibuyur Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang sesuai pedoman wawancara dan dokumentasi untuk menunjang data yang diperlukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pada pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SDN 01 Cibuyur Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang sudah terlaksana dengan baik. Dengan menggunakan berbagai macam media pada pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga pembelajaran pada pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dapat berjalan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Media Pembelajaran, Wasail Ta'limiyah, BTA, BAca Tulis Quran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 06 Sep 2017 01:46
Last Modified: 30 Nov 2020 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2863

Actions (login required)

View Item View Item