PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM ORGANISASI ROHANI ISLAM ( ROHIS ) DI SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tofik Hidayat, 1323301214 (2017) PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM ORGANISASI ROHANI ISLAM ( ROHIS ) DI SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
TOFIK HIDAYAT_PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM ORGANISASI ROHANI ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi suatu bangsa. Disitulah keluarga merupakan tempat bagi anak untuk medapatkan pendidikan yang pertama bagi seorang anak, kemudian dilanjutkan dengan pendidikan formal yaitu pendidikan di sekolah. Pendidikan karakter kedisiplinan akhir-akhir ini sudah mulai pudar. Salah satu yang dapat dilalakukan yaitu dengan berorganisasi, dalam berorganisasi seorang siswa dituntut untuk dapat meggunakan waktunya dengan sebaik mungkin. Sehingga antara kegiatan pribadi dengan kegiatan dalam organisasi dapat berjalan dengan seimbang, maka disinilah dubutuhkan disiplin yang baik. SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara merupakan sekolah yang sangat memperhatikan dalam hal kedisiplinan, salah satunya dalam organisasi Rohani Islam ( ROHIS ). Dengan kedisiplinan yang ada dalam organisasi ini diharapkan nantinya akan dapat mecetak kader-kader bangsa yang memiliki karakter dan kepribadian yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan dengan cara deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumenasi. Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang pendidikan karakter kedisiplinan dalam organisasi di SMA N egeri 1 Purwareja Klampok, wawancara dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan pendidikan karakter kedisiplinan, dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah sekolah, struktur organisasi, guru, siswa, sarana dan prasarana serta kegiatan-keiatan yang ada dalam organisasi Rohis.Analisis data mengacu pada model Miles and Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, dan menyajikan data Hasil penelitian menggambarkan pendidikan karakter disiplin dalam organisasi Rohis dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang ada dalam organisasi Rohis, baik kegiatan harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan. Kiat-kiat yang dilakukan dalam pendidikan karakter kedisiplinan yaitu dengan cara pembiasaan, keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, sedangkan teknik yang dilakukan yaitu dengan cara ekternal control, Inner control dan cooperatif Control.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Chacarter Education, ROHIS, Disiplin, Attitude
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 05 Sep 2017 02:57
Last Modified: 05 Sep 2017 02:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item View Item