IMPLEMENTASI PROGRAM BINA DIRI DALAM PENANAMAN NILAI AGAMA ISLAM UNTUK SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SLB ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS

ESTRIA SOLIHATUN NURJANNAH, 1323308074 (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM BINA DIRI DALAM PENANAMAN NILAI AGAMA ISLAM UNTUK SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SLB ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ESTRIA SOLIHATUN NURJANNAH_IMPLEMENTASI PROGRAM BINA DIRI DALAM PENANAMAN NILAI AGAMA ISLAM UNTUK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Manusia dengan kelainan mental (mental retardation)atau biasa disebut dengan tunagrahita adalah manusia yang membutuhkan pelayanan khusus untuk dapat hidup mandiri selayaknya manusia normal lainnya. Program Bina diri sebagai program khusus untuk sekolah luar biasa merupakan manifestasi dari kepedulian terhadap tunagrahita. Program ini berupa pembelajaran yang materinya berisi panduan melakukan kegiatan sehari-hari. SLB ABCD Kuncup Mas merupakan sekolah luar biasa yang menyisipkan nilai-nilai agama Islam dalam pembelajaran Bina Diri sangat membantu siswa untuk dapat hidup mandiri dan berperilakui islami.Berdasarkan latar belakang tersebut penulis melakukan penelitian mengenai implementasi program bina diri dalam penanaman nilai agama Islam untuk siswa penyandang tunagrahita di SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas dengan tujuan agar dapat menunjukkan bahwa ada terobosan dalam menanamkan nilai agama Islam yaitu melalui program Bina Diri yang telah diaplikasikan oleh SLB ABCD Kuncup Mas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan tergolong kedalam penelitian Kualitatif deskriptif. Adapaun dalam pelaksanaanya peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pada analsisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Program Bina Diri di SLB ABCD Kuncup Mas sudah sangat baik dengan kurikulum yang terprogram dan menggunakan buku pedoman yang memadai. Dan implementasinya dalam penanaman nilai agama Islamsangat bermanfaat bagi siswa tunagrahita untuk dapat hidup lebih layak, dan berperilaku islami dalam segala aktivitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bina Diri, Tunagrahita, Penanaman nilai agama Islam.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Sep 2017 08:43
Last Modified: 04 Sep 2017 08:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2838

Actions (login required)

View Item View Item