GAME TURNMENT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI MUHAMMADIYAH 1 KASEGERAN KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Alfin Bayu Kurniawan, NIM: 132331083 (2017) GAME TURNMENT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI MUHAMMADIYAH 1 KASEGERAN KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
ALFIN BAYU KURNIAWAN_PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT PADA MATA PE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Penerapan Metode pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Turnament) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Muhammadiyah 1 Kasegeran Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan dalam mendorong dan meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, bermutu, efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif, dengan mengambil latar MI Muhammadiyah 1 Kasegeran Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil peneltian menunjukan: Penerapan metode pembelajaran kooperatif TGT (Team Game Turnamen) Pada Pembelajaran IPA di MI Muhammadiyah 1 Kasegeran adalah suatu pembelajaran menggunakan game turnamen yang bekerja secara team, dengan kata lain pada metode ini diharapkan setiap siswa dapat berperan aktif dalam sebuah team untuk saling bekerja sama satu dengan lainnya dalam mewujudkan pembelajaran secara maksimal, hasil yang di peroleh dalam penerapannya di MI Muhammadiyah 1 Kasegeran terlihat Maksimal terlihat dari antusias siswa dalam pembelajaran, siswa lebih memperhatikan guru dan siswa lebih berperan aktif saling membantu dengan teman lain secara team, dengan menggunakan team tersebut membuat siswa dapat saling berkomunikasi tidak hanya terdiam dan bermain sendiri tetapi setiap siswa saling berinteraksi. Jadi metode pembelajaran kooperatif TGT mampu menumbuhkan keaktifan siswa dan membuat siswa tertarik dalam pembelajaran IPA di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Turnmaent), Pembelajran IPA, Kelas V
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:16
Last Modified: 04 Sep 2017 04:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item View Item