IMPLEMENTASI METODE TARTILI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SDIT NURUL HUDA KUTASARI PURBALINGGA

Novi DiahKusumawati, NIM. 1323301115 (2017) IMPLEMENTASI METODE TARTILI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SDIT NURUL HUDA KUTASARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
NOVI DIAH KUSUMAWATI_IMPLEMENTASI METODE TARTILI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode Tartili adalah suatu metode belajar membaca Al-Qur’an yang di susun oleh LPP Al-Irsyad Al Islamiyah Purwokerto. Metode Tartili digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Plus Tahfidz (SDIT) Nurul Huda Purbalinggasudah berjalan sekitar delapan tahun, di mana pembelajaran tersebut diwajibkan untuk seluruh siswa-siswi di SDIT Nurul Huda Purbalingga. Diantaratujuandiadakannyapembelajaranmembaca Al-Qur’an denganmenggunakanmetodeTartiliadalahagar setiap siswa dipastikan mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan tartilsesuaidengankaidahilmutajwid. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru pengampu Tartili, Guru pengampu kenaikan jilid Tartili, dan Siswa-siswi SDIT Nurul Huda Purbalingga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa Implementasi Metode Tartili dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SDIT Nurul Huda Purbalingga meliputi tujuan, target, pelaksanaan, evaluasi dan hasil pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Tartili. Dalam pelaksanaannya guru menggunakan media pembelajaran berupa buku jilid tartili dan buku prestasi Tartili yang dapat menunjang keberhasilan siswa dalam belajar membaca Al-Qur’an, serta menggunakan metode-metode yang bervariasi sesuai materi, diantaranya metode klasikal, klasikal baca simak, dan individual. Di samping itu adanya tahap evaluasi yang dilakukan oleh guru pengampu dan guru kenaikan jilid dalam pembelajaran Al-Qur’an menjadi bahan penilaian untuk dapat memantau perkembangan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Dari evaluasi tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Tartili mampu dikuasai oleh siswa dengan baik dan dapat simpulkan bahwa Implementasi metode Tartili dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SDIT Nurul Huda Purbalingga berjalan dengan baik sesuai dengan pedoman pembelajaran tartili.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MetodeTartili, PembelajaranMembaca Al-Qur’an, SDIT Nurul Huda Purbalingga.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 04 Sep 2017 03:52
Last Modified: 04 Sep 2017 03:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item View Item