MODEL PENILAIAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU DI SMP BOARDING SCHOOL “PUTRA HARAPAN” PURWOKERTO

JANATUN ISTIANA, NIM.1323301067 (2017) MODEL PENILAIAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU DI SMP BOARDING SCHOOL “PUTRA HARAPAN” PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
JANATUN ISTIANA_MODEL PENILAIAN PENDIDIKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)

Abstract

Dampak globalisasi yang negatif saat ini membuat masyarakat Indonesia melupakan karakter bangsa. Peran sekolah yang bekerja sama dengan keluarga dan masyarakat sangat di butuhkan untuk menanamkan karakter yang kuat kepada anak-anak yang merupakan calon pemimpin bangsa di masa mendatang. Pendidikan karakter yang sangat sarat dengan nilai, sangat di anjurkan untuk melakukan penilaian proses secara terus-menerus. Guna untuk menilai hasil dari di terapkannya pendidikan karakter di sekolah, SMP Boarding Scool “PUTRA HARAPAN” Purwokerto melaksanakan penilaian 13 karakter yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Bagaimana Model Penilaian Pendidikan Karakter Oleh Guru di SMP Boarding School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto serta untuk menjawab empat rumusan masalah, yaitu jenis penilaian, implementasi penilaian, kondisi guru dan siswa dalam penilaian serta hasil penilaian pendidikan karakter oleh guru di SMP Boarding School “PUTRA HARAPAN” Purwokerto. Model merupakan kerangka konseptual yang di gunakan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan, dan penilaian merupakan kegiatan memaknai data hasil pengukuran tentang kompetensi yang di miliki siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Model penilaian merupakan suatu konsep yang di gunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan menafsirkan hasil belajar siswa. Pendidikan karakter adalah suatu pendidikan di mana guru menanamkan serta mengembangkan nilai-nilai karakter pada diri siswa untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data dengan jelas, penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan adalah model Miles and Huberman yang mencakup tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa jenis penilaian pendidikan karakter yang di gunakan saat ini adalah jenis penilaian sikap, adapun untuk membantu guru dalam menilai menggunakan berbagai macam model, yaitu observasi, anecdotal record, evaluasi diri dan parenting. Implementsi penilaian di lakukan dalam kegiatan pembelajaran serta kegiatan diluar kelas. Selanjutnya kondisi guru dalam penialain terlibat langsung dalam menilai, yang juga bekerja sama dengan wali murid dan siswa merupakan objek penilaian mengikuti seluruh kegiatan. Sementara hasil penilaian di laporkan pada lembar tersendiri di dalam hasil belajar siswa (raport).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model, Penilaian, Pendidikan Karakter
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 04 Sep 2017 03:40
Last Modified: 04 Sep 2017 03:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item View Item