STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN WARUNG MIKRO MODAL KERJADI BSM KC AJIBARANG BANYUMAS

Yuni Andriyani, NIM. 1423204127 (2017) STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN WARUNG MIKRO MODAL KERJADI BSM KC AJIBARANG BANYUMAS. Diploma thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (940kB) | Preview
[img] Text
YUNI ANDRIYANI_STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bank Syariah Mandiri KC Ajibarang Banyumas memiliki produk yang khusus diberikan kepada para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk menambah modal usahanya yang disebut “Pembiayaan Warung Mikro Modal Kerja”. Dari sekian banyak bank syariah yang menyediakan fasilitas pembiayaan, BSM KC Ajibarang Banyumas termasuk bank yang mempunyai nasabah pembiayaan yang banyak. Hal ini tentu tidak lepas dari strategi pemasaran yang diterapkan oleh BSM KC Ajibarang Banyumas dalam memasarkan produknya. Dengan demikian, yang menjadi alasan menarik untuk penyusun teliti. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) yang dilakukan di BSM KC Ajibarang Banyumas, dengan teknik pengumpulan data kualitatif, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif-kualitatif.. Dalam memasarkan produk pembiayaan warung mikro modal kerja, BSM KC Ajibarang Banyumas memperhatikan inti pemasaran strategis modern yaitu segmenting, targetting dan positioning. Selain itu, BSM KC Ajibarang Banyumas juga menggunakan strategi marketing mix (bauran pemasaran). Bauran pemasaran sendiri terdiri atas 7P, yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence). BSM KC Ajibarang Banyumas juga mempunyai strategi pemasaran yang khas, yang tidak dimiliki oleh bank lain, yaitu grebeg masjid, grebeg pasar dan reveral nasabah existing. Kelebihan produk pembiayaan warung mikro modal kerja pada BSM KC Ajibarang Banyumas ialah margin keuntungan yang rendah, biaya administrasi yang ringan dan persyaratan pembiayaan yang mudah. Hal tersebut menjadikan banyak nasabah yang meminjam modal usaha pada BSM KC Ajibarang Bnyumas dan menguntungkan bagi pihak bank sendiri. Di samping mempunyai kelebihan, produk pembiayaan warung mikro modal kerja pada BSM KC Ajibarang Banyumas juga mempunyai kekurangan diantaranya adalah proses pencairan pembiayaan yang lama dan peruntukkan pembiayaan tersebut hanya untuk menambah modal usaha atau membuka usaha saja, bukan untuk kebutuhan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Produk Pembiayaan Warung Mikro Modal Kerja
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 31 Aug 2017 03:58
Last Modified: 31 Aug 2017 03:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item