INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Nurbaeti, 1323301100 (2017) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-IKHSAN BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
NURBAETI_INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS BEJI KECAMATAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam merupakan proses memasukan nilai-nilai pendidikan agama Islam secara penuh ke dalam hati, supaya ruh dan jiwa dapat bergerak berdasarkan ajaran agama Islam. Dalam rangka menjadikan manusia beriman, bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian yang mantap serta tumbuhnya rasa tanggung jawab dan kebangsaan. Selain itu, Al-Ikhsan Beji merupakan pondok pesantren yang menginternalisasi nilai-nilai pendidikan Islam. Hal tersebut melatarbelakangi skripsi ini. Tujuan penulisan skripsi ini adalah bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji? dan Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang di internalisasikan di pondok Al-Ikhsan Beji? Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam. Sumber data penelitian ini adalah pondok pesantren Al-Ikhsan Beji. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti mengunakan tiga tahap yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis data model Miles Hubermant yaitu berupa data reducation, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji, menggunakan metode yang dilaksanakan yaitu metode pendidikan dengan keteladanan (uswatun hasanah), metode pendidikan dengan adat kebiasaan, metode pendidikan dengan nasehat, metode pendidikan dengan pengawasan, dan metode pendidikan dengan hukuman. Metode diaplikasikan dalam beberapa kegiatan berupa shalat lima waktu berjamaah, shalat tahajud, kegiatan setoran membaca al-Qur’an, menghafal al-Qur’an Juz 30, berzikir rutin setiap harinya, kegiatan pementasan drama dan peringatan hari besar Islam. Dan nilai-nilai pendidikan Islam yang di internalisasikan di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji yaitu nilai kedamaian, penghargaan, cinta, toleransi, tanggungjawab, kebahagiaan, kerja sama, kerendahan hati, kejujuran, kesederhanaan dan kebebasan. Serta menggunakan tahap-tahap internalisasi. Tahap tersebut meliputi tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Pondok Pesantren
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. lutfie MZ
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:32
Last Modified: 31 Aug 2017 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item View Item