IMPLEMENTASI KONSEP PERLINDUNGAN KONSUMEN DI LURI RESTO PURWOKERTO PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Oom Hujaemah, NIM. 1223203028 (2016) IMPLEMENTASI KONSEP PERLINDUNGAN KONSUMEN DI LURI RESTO PURWOKERTO PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
Oom Hujaemah_Implementasi Konsep Perlindungan Konsumen di Luri Resto Purwokerto Perspektif Ekonom.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ekonomi saat ini semakin cepat, kebutuhan akan keperluan hidup semakin bertambah. Hal tersebut menjadikan banyaknya produk baru bermunculan. Akan tetapi permasalahan ekonomi juga semakin bertambah, salah satunya adalah beredarnya produk-produk yang tidak sesuai dengan standar yang berlaku, sehingga menjadikan perhatian terhadap konsumen harus diperhatikan, maka diperlukanlah aturan yang dapat memberikan perlindungan bagi konsumen. Banyaknya bisnis berlabel syariah menjadikan bisnis tersebut harus sesuai dengan ketentuan syariat Islam, dalam perkembangan bisnis syariah ada aturan mengenai setiap transaksi yang dilakukan yaitu dalam ekonomi Islam. Ekonomi Islam yang mulai dikenal masyarakat melalui banyaknya bisnis syariah, menjadikan ekonomi Islam sebagai dasar untuk hukum bisnis saat ini termasuk mengenai perlindungan konsumen. Jenis penelitian dalam penulisan penelitian adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Luri Resto Purwokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku usaha dalam hal ini adalah pihak Luri Resto tidak mengetahui mengenai aturan perlindungan konsumen, tetapi mereka menerapkan konsep untuk perlindungan konsumen dengan adanya konsep pelayanan, kepuasan, kehalalan dan thayyib serta adanya penyelesaian sengketa. Terdapat tujuh perlindungan konsumen dalam ekonomi Islam yaitu: perlindungan dari pemalsuan informasi yang tidak benar, perlindungan terhadap ha pilih dan nilai tukar tidak wajar, perlindungan terhadap keamanan produk dan lingkungan sehat, perlindungan dari pemakaian alat ukur tidak tepat, hak medapat advokasi dan penyelesaian sengketa, perlindungan dari penyalahgunaan keadaan, hak mendapat ganti rugi atas produk yang rusak. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 20 Jun 2016 03:07
Last Modified: 20 Jun 2016 03:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item