IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD IT MUTIARA HATI KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA

Siti Salamah, 1323305089 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD IT MUTIARA HATI KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SITI SALAMAH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD IT MUTIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang menggunakan proses berfikir ilmiah. Pendekatan saintifik terdiri atas kegiatan mengamati, merumuskan pertanyaan, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada peserta didik. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu “Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Ivdi Sd It Mutiara Hati Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi atau penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik kelas IV SD IT Mutiara Hati Purwareja Klampok. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD IT Mutiara Hati Purwareja Klampok dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan prosedur penerapan, yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. walaupun pada kenyataannya implementasi pendekatan saintifik yang dilakukan belum dapat maksimal dan masih perlu perbaikan ke depannya. Dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik ini dalam pembelajaran tematik, siswa terlihat antusias dalam pelaksanaan pembelajaran dan lebih paham dalam memahami pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik, SD IT Mutiara Hati Purwareja Klampok.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Aug 2017 06:34
Last Modified: 29 Aug 2017 06:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item