PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN KELAS II A DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO Retno Wiharti Pangastika NIM. 1323305007

Retno Wiharti Pangastika, 1323305007 (2017) PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN KELAS II A DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO Retno Wiharti Pangastika NIM. 1323305007. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
RETNO WIHARTI PANGASTIKA_PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN KEWARGANE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)

Abstract

Pendidikan karakter memiliki makna lebih tinggi dari pada pendidikan moral, karena pendidikan karakter tidak hanya berkaitan dengan masalah benar salah, tetapi bagaimana menanamkan kebiasaan (habit) tentang hal-hal yang baik dalam kehidupan, sehingga peserta didik memiliki kesadaran, dan pemahaman yang tinggi, serta kepedulian dan komitmen untuk menerapkan kebajikan di kehidupan sehari-hari. Dengan demikian bahwa karakter merupakan sifat alami seseorang dalam merespons situasi secara bermoral, yang diwujudkan dalam tindakan nyata melalui perilaku baik, jujur, bertanggung jawab, hormat terhadap orang lain, dan nilai-nilai karakter mulia laninnya. Sri Judiani, mengemukakan bahwa pendidikan karakter ialah pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai karater pada peserta didik sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya. Jenis penilitian ini adalah penelitian kualitatif (penelitian lapangan) studi kasus yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter pada mata pelajaran kewarganegaraan sub pokok bahasan nilai-nilai pancasila di SD Terpadu Puta Harapan Purwokerto. adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, obserasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pola berfikir Miles Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pembentukan karakter di SD Terpadu Putra Harapan memiliki 13 nilai karakter yakni, a) Cinta Allah Ta’ala dan Rosul, b) Jujur, c) Ikhlas, d) adil dan bijaksana, e)berani dan percaya diri, f) disiplin, g) toleransi dan persaudaraan, h) kerja keras dan senang bekerja, i) sabar dan tekun, j) tanggung jawab, j) kasih sayang, k) cita-cita yang tinggi, l) indah, bersih, tertib, m) mandiri. Tetapi yang terdapat dalam mata pelajaran kewarganegaraan nilai-nilai Pancasila hanya ada 3 yaitu, kejujuran, kedisiplinan serta senang bekerja atau kerja keras menggunakan 6 metode yaitu keteladanan, penanaman disiplin, pembiasaan, hukuman, menciptakan suasana kondusif, serta terintegrasi dan internalisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Mata Pelajaran Kewarganegaraan SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Aug 2017 03:47
Last Modified: 29 Aug 2017 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2708

Actions (login required)

View Item View Item