IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TANJUNGSARI KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

CHANIFATUN SANGADAH, 1323305115 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TANJUNGSARI KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
CHANIFATUN SANGADAH_IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BA V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitianinidilatarbelakangidariadanyaperaturanterbarumengenaiimplementasikurikulum 2013 edisirevisi yang menjadihalbarudalampenanamannya, dimanamatapelajaranmatematikamenjadimatapelajaran yang berdirisendiridantidakterintegrasidenganmatapelajaranlainnya. Permasalahan yang diangkatdalampenelitianiniadalahbagaimanaimplementasikurikulum 2013 dalampembelajaranmatapelajaranmatematika di kelas IV A MI NegeriTanjungsariKecamatanPetanahanKabuptenKebumenTahunPelajaran 2016/2017. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanaimplementasikurikulum 2013 dalampembelajaranmatapelajaranmatematika di kelas IV A MI NegeriTanjungsari. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganpendekatankualitatif, yaitupenelitian yang bermaksudmenggambarkanbagaimanaimplementasikurikulum 2013 dalampembelajaranmatapelajaranmatematika di kelas IV A MI NegeriTajungsari. SubjekpenelitiannyaadalahKepala Madrasah, WakaKurikulum, Guru Kelas IV A dansiswakelas IV A. Sedangkanuntuklokasipenelitian yang diambiladalah MI NegeriTanjungsariPetanahan yang berlokasi di Jl.PasarTanjungsari RT.03 RW.03 DesaTanjungsariKecamatanPetanahanKabupatenKebumen. Teknikpengumpulan data denganobservasi, wawancaradandokumentasi, sedangkananalisisdatanyadenganmenggunakananalisis model Miles Hubermanyaitu: reduksi data, penyajian data, danverifikasi data. Hasilpenelitianmenunjukanbahwalangkah guru dalammenyusun RPP yaitumemilihtema, mengkajibuku guru, mengkajisilabus, kemudianmenyusun RPP.RPP yang disusun guru sudahsesuaidengankonsepKurikulum 2013.DalampelaksanaanpembelajaranKurikulum 2013 guru sudahmelaksanakanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanpembelajaransaintifik, dan model pembelajaran yang sesuaidengankonsepKurikulum 2013.DalampenilaianpembelajaranKurikulum 2013, guru sudahmenggunakanpenilaianautentikuntukmenilaikompetensisikap, pengetahuandanketerampilansiswa.PenilaianAutentik yang digunakan guru antara lain pengamatan, penilaiandiskusi, proyek, kinerja, portofoliodantertulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Implementasi, Kurikulum 2013, Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Aug 2017 01:39
Last Modified: 28 Aug 2017 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2694

Actions (login required)

View Item View Item