CHANIFATUN SANGADAH, 1323305115 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TANJUNGSARI KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.
Text
CHANIFATUN SANGADAH_IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) |
||
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BA V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitianinidilatarbelakangidariadanyaperaturanterbarumengenaiimplementasikurikulum 2013 edisirevisi yang menjadihalbarudalampenanamannya, dimanamatapelajaranmatematikamenjadimatapelajaran yang berdirisendiridantidakterintegrasidenganmatapelajaranlainnya. Permasalahan yang diangkatdalampenelitianiniadalahbagaimanaimplementasikurikulum 2013 dalampembelajaranmatapelajaranmatematika di kelas IV A MI NegeriTanjungsariKecamatanPetanahanKabuptenKebumenTahunPelajaran 2016/2017. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanaimplementasikurikulum 2013 dalampembelajaranmatapelajaranmatematika di kelas IV A MI NegeriTanjungsari. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganpendekatankualitatif, yaitupenelitian yang bermaksudmenggambarkanbagaimanaimplementasikurikulum 2013 dalampembelajaranmatapelajaranmatematika di kelas IV A MI NegeriTajungsari. SubjekpenelitiannyaadalahKepala Madrasah, WakaKurikulum, Guru Kelas IV A dansiswakelas IV A. Sedangkanuntuklokasipenelitian yang diambiladalah MI NegeriTanjungsariPetanahan yang berlokasi di Jl.PasarTanjungsari RT.03 RW.03 DesaTanjungsariKecamatanPetanahanKabupatenKebumen. Teknikpengumpulan data denganobservasi, wawancaradandokumentasi, sedangkananalisisdatanyadenganmenggunakananalisis model Miles Hubermanyaitu: reduksi data, penyajian data, danverifikasi data. Hasilpenelitianmenunjukanbahwalangkah guru dalammenyusun RPP yaitumemilihtema, mengkajibuku guru, mengkajisilabus, kemudianmenyusun RPP.RPP yang disusun guru sudahsesuaidengankonsepKurikulum 2013.DalampelaksanaanpembelajaranKurikulum 2013 guru sudahmelaksanakanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanpembelajaransaintifik, dan model pembelajaran yang sesuaidengankonsepKurikulum 2013.DalampenilaianpembelajaranKurikulum 2013, guru sudahmenggunakanpenilaianautentikuntukmenilaikompetensisikap, pengetahuandanketerampilansiswa.PenilaianAutentik yang digunakan guru antara lain pengamatan, penilaiandiskusi, proyek, kinerja, portofoliodantertulis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :Implementasi, Kurikulum 2013, Madrasah Ibtidaiyah (MI) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 01:39 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 01:39 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2694 |
Actions (login required)
View Item |