PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA (BERPASANG) SISWA MI DARULHIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT

Tri Puji Lestari, 1323305051 (2017) PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA (BERPASANG) SISWA MI DARULHIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
TRI PUJI LESTARI_PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA (BERPASA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Jawa khususnya Aksara Jawa merupakan mata pelajarajaran yang tergolong dalam mata pelajaran Muatan Lokal. Mata pelajaran Bahasa jawa menjadi salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh kalangan peserta didik khususnya ditingkat dasar, hal itu dilandasi oleh beberapa anggapan yang mengatakan bahawa materi Bahasa Jawa adalah materi yang sukar, rumit, kuno dan kampungan. Sebagai guru kita harus mampu mengubah anggapan dan cara pandang negatif para siswa terhadap pembelajaran Bahasa Jawa. Salah satunya menggunakan metode pembelajaran yang variatif. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran Index Card Matc Metode pembelajaran Index Card Match (ICM) adalah salah satu strategi pembelajaran yang dapat meninjau ulang materi pelajaran dan membuat siswa aktif serta melibatkan siswa secara berpasangan dengan cara mencari pasangan kartu index yang diterima masing-masing siswa. Kartu tersebut berisi jawaban dan sebagian lagi berisi soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Metode Index Card Match Terhadap kemampuan membaca Aksara Jawa berpasang siswa MI Darulhikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian Eksperimen. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, dan homogenitas sedangkan uji hipotesisnya menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil analisis uji-t, diperoleh nilai thitungPost Test sebesar 1,764, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,672. Maka dapat dinyatakan bahwa thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa Metode Index Card Match memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca Aksara Jawa (Berpasang) siswa dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Index Card Match dan Kemampuan membaca Aksara Jawa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Aug 2017 01:07
Last Modified: 28 Aug 2017 01:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item View Item