Rakhmawati Nur Azis, 1323301053 (2017) PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS INKLUSI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
RAKHMAWATI NUR AZIS_PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS INKLUSI SD TERPADU PUTRA HARAPAN 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu aspek pendidikan yang kurang mendapat perhatian adalah pendidikan baca tulis Al-Qur’an.Pada umumnya orang tua lebih menitik beratkan pada pendidikan umum saja dan kurang memperhatikan pendidikan agama termasuk pendidikan baca tulis Al-Qur’an.Sebagai langkah awal adalah meletakan dasar agama yang kuat pada anak sebagai persiapan untuk mengarungi hidup dan kehidupannya.Seperti yang telah diterapkan oleh lembaga-lembaga pendidikan sekarang ini.Yakni lembaga pendidikan sekolah dasar SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto yang telah menanamkan program baca tulis Al-Qur’an pada setiap pagi sebelum pembelajaran umum dimulai. Penelitian ini membahas tentang Bagaimana Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di kelas Inklusi SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto? Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu, Mendeskripsikan konsep dan implementasi yang digunakan guru dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di kelas inklusi SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu pendekatan yang menekankan pada hasil pengamatan sendiri. Untuk membantu peneliti mengetahui apa yang terjadi di lingkungan di bawah pengamatan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Dengan langkah analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini, bahwa pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di kelas inklusi SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto dilakukan dengan beberapa tahap.Tahap pertama yaitu guru menggunakan sistem klasikal dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an baik untuk anak normal maupun anak yang berkebutuhan khusus. Tahap kedua yaitu guru melakukan suatu proses interaksi terhadap anak didiknya agar seorang guru dapat memberikan suatu pembelajaran yang lebih mudah dimengerti. Tahap ketiga yaitu peran seorang guru pendamping terhadap anak yang berkebutuhan khusus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, Kelas Inklusi |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 26 Aug 2017 07:48 |
Last Modified: | 26 Aug 2017 07:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2684 |
Actions (login required)
View Item |