PENGARUH STRATEGI KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MI WI KEBARONGAN BANYUMAS

ANGGIRA PURWI DWI SAPUTRI, 1323305039 (2017) PENGARUH STRATEGI KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MI WI KEBARONGAN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ANGGIRA PURWI DWI SAPURTI_PENGARUH STRATEGI KOOPERATIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Penggunaan strategi pembelajaran konvensional pada mata matematika di MI WI Kebarongan kurang membuat siswa aktif. Akibatnya prestasi belajar siswa menjadi rendah. Salah satu strategipembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengaktifkan siswa dalampembelajaran matematika yaitu strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Strategi pembelajaran kooperatifini dapat membuat siswaberpartisipasi aktif sebab selama pembelajaran siswa saling bekerja sama dalamsuatu kelompok. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamentlebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional? Populasi dalam penelitian ini adalahseluruhsiswakelas V MI WI Kebarongan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan(fildresearch) dengan menggunakan metode penelitian eksperimen Control Group Experiment yang diterapkan dalam control group pretest and posttest design.Analisis data menggunakan ujiLilliefors untuk menguji normalitas data, dan ujiindependent sample t-test untuk uji homogenitas dan uji hipotesis karena sampel berdistribusi normaldan homogen. Selanjutnya untuk mengetahui peningkatan hasil nilai siswa dilakukan analisis uji t data N Gain. Instrumen prestasi belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yangtelah diuji validitas dan reliabilitasnya Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa hasil analisis N Gain diperoleh rata-rata nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,53 dan rata-rata nilai gain kelas kontrol sebesar 0,29, dan berdasarkan perhitungan hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh kesimpulan bahwa nilai signifikan diperoleh 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional kelas V di MI WI Kebarongan Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PembelajaranKooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Prestasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Aug 2017 07:23
Last Modified: 27 Oct 2023 08:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item View Item