UPAYA GURU BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA DAN TULIS AL-QUR’AN SISWA DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KROYA KABUPATEN CILACAP

Hidayatu Hamzah, 1323301125 (2017) UPAYA GURU BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA DAN TULIS AL-QUR’AN SISWA DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
HIDAYATU HAMZAH_UPAYA GURU BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA DAN TULIS AL-QUR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitusalah satu aspek dalam pendidikan agama Islam yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah pendidikan tentang membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Di SD Islam Plus Masyithoh Kroya pendidikan baca tulis Al-Qur’an mendapatkan perhatian lebih. Namun demikian karena beberapa faktor, kualitas siswa dalam hal membaca dan menulis Al-Qur’an masih perlu adanya upaya yang dilakukan oleh guru BTA dalam meningkatkan kualitas baca dan tulis Al-Qur’an siswa sehingga diharapkan akan ada peningkatan yang signifikan pada kualitas baca dan tulis Al-Qur’an siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru BTA dalam meningkatkan kualitas baca dan tulis Al-Qur’an siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalahmendeskripsikan tentang upaya guru BTA dalam meningkatkan kualitas baca dan tulis Al-Qur’an siswa di SD Islam Plus Masyithoh Kroya. Skripsi ini bermanfaat bagi guru BTA SD Islam Plus Masyithoh Kroya sebagai bahan acuan dalam meningkatkan kualitas baca dan tulis Al-Qur’an siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan data-data di lapangan dan dokumen-dokumen yang menunjang. Dalam penelitian ini juga berisi data dari wawancara dengan guru baca tulis Al-Qur’an, dokumentasi dan hasil observasi yang penulis lakukan di beberapa kelas di SD Islam Plus masyithoh Kroya. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kualitas baca dan tulis Al-Qur’an siswa adalah pertama menambah jam pelajaran menjadi sepuluh jam pelajaran perminggu, kedua menciptakan kondisi dan motivasi yang baik pada waktu pembelajaran BTA, ketiga menggunakan metode yang tepat sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, keempat menerapkan media yang sesuai pada pembelajaran BTA, kelima mencari dan menyediakan materi BTA, keenam menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran BTA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru BTA, Kualitas, Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Aug 2017 09:30
Last Modified: 25 Aug 2017 09:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2677

Actions (login required)

View Item View Item