IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nurul Hidayati, 1323305009 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
NURUL HIDAYATI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Matematika di kelas V SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fieldresearch) dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, dispaly data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Matematika sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Pembelajaran dengan mengimplementasikan pendekatan contextual teaching and learning di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga sesuai dengan komponen-komponen pendekatan Contextual Teaching and Learning yakni: kontruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarkat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. Hal ini menunjukkan bahwa SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga telah berhasil mengimplementasikan pendekatan contextual teaching and learning untuk menjadikan siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, mata pelajaran matematika, dan siswa kelas V (lima)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Aug 2017 06:04
Last Modified: 25 Aug 2017 06:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2675

Actions (login required)

View Item View Item