Pengembangan Kecerdasan Bahasa pada Siswa di SD IT Az Zahra Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas

Fera Wike Indriani, 1323310079 (2017) Pengembangan Kecerdasan Bahasa pada Siswa di SD IT Az Zahra Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
FERA WIKE INDRIANI_PENGEMBANGAN KECERDASAN BAHASA PADA SISWADI SD IT AZ ZAHRA KARANGKLESEM KECAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)

Abstract

Berdasarkanpenelitian yang telahdilakukandiyakinibahwatidakadaanak yang bodoh. Setiapanakterlahirdalamkeadaancerdas, akantetapihanyaadasatuatauduamacamkecerdasan yang berkembangdenganbaik.Gardner menyebutkanbahwakecerdasananaksangatlahberagam (multiple intelligences).Salah satudarikecerdasan yang dimilikiolehanakadalahkecerdasanbahasa. Kecerdasan bahasa adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan bahasa dalam bentuk kata-kata baik komunikasi secara lisan maupun tulisan. Potensi yang dimiliki siswa harus dikembangkan agar mereka mempunyai arahan dan tujuan dalam hidupnya. Pengembangan kecerdasan bahasa bertujuan agar siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis, mampu mengembangkan kreativitas dan kemampuan dalam bahasa. Persoalan yang sering muncul adalah ketidakmampuan siswa untuk melakukan komunikasi baik secara tulis maupun lisan, dikarenakan siswa tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan kecerdasan yang dimiliki sejak lahir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan kecerdasan bahasa di SD IT Az Zahra Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan(fieldresearch) yaitu penelitilangsungke lapangan untuk memperoleh informasi terkait pengembangan kecerdasan bahasa di SD IT Az Zahra Karangklesem. Objek dalam penelitian ini adalah pengembangan kecerdasan bahasa pada siswa di SD IT Az Zahra Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Teknik yang digunakandalampengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancaradandokumentasi. Penelitimenganalisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, deskripsi data, display data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data yang dilakukan adalah dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan kecerdasan bahasa dilakukan melalui pembelajaran terstruktur dengan aktivitas menulis, diantara aktivitas menulis tersebut adalah menulis puisi benda, puisi nama, puisi angka dan menulis pantun.Pembelajaranmenekankan pada hasil produk siswa. Pembelajaran didesain semenarik mungkin dengan ice breaking atau permainan yang bertujuan untuk melatih kecerdasan bahasa, serta memberikan semangat belajar pada siswa. Dalam proses pembelajaran guru menerapkan tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan bahasa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:42
Last Modified: 23 Aug 2017 04:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2657

Actions (login required)

View Item View Item