IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI TASMIRUSSIBYAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Khairun Nisa, 1323305061 (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI TASMIRUSSIBYAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
KHAIRUN NISA_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) merupakan salah satu pembelajaran kooperatif dimana pelaksanaanya melalui beberapa langkah yakni, pembuatan kelompok dimana setiap anggota dalam kelompok diberi nomor dengan tujuan untuk mengecek pemahaman siswa dalam mempelajari materi tertentu, pemberian tugas dan diskusi kelompok, serta penunjukan nomor yang sama dari setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi. Tujuan dari NHT adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi gagasan dan mempertimbangkan jawaban paling tepat. Selain itu untuk meningkatkan kerja sama siswa. NHT juga bisa diterapkan untuk semua mata pelajaran dan tingkatan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran matematika di kelas IV dan kelas V MI Tasmirussibyan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran matematika dengan langkah-langkah pembagian kelompok dan penomoran, pemberian tugas dan diskusi, penunjukan nomor dan presentasi, serta kesimpulan yang dapat berjalan dengan baik. Hal ini terlihat ketika pembelajaran terjadi siswa cenderung aktif dan berpartisipasi dengan baik. Mereka saling membantu dan bekerja sama sesama anggota kelompok dan memiliki antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together (NHT), Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Aug 2017 03:33
Last Modified: 21 Aug 2017 03:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2639

Actions (login required)

View Item View Item