PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NEGERI KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA

Amelia Rahma Pratiwi, 1323301188 (2017) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NEGERI KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AMELIA RAHMA PRATIWI_PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Gaya mengajar guru sebagai syarat mutlak untuk efektifnya sebuah pembelajaran yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan siswa sehingga siswa memiliki minat belajar yang tinggi terhadap materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gaya mengajar guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, bagaimana minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, serta mengetahui adakah pengaruh antara gaya mengajar guru dengan minat belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa MTs Negeri Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang diisi oleh siswa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis penelitian ini adalah regresi linear sederhana dan korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar guru A menggunakan gaya mengajar Interaksional dan guru B menggunakan gaya mengajar personalisasi. Sedangkan minat belajar siswa A berada pada kategori tinggi dan minat belajar siswa B berada pada kategori cukup tinggi. Berdasarkan nilai sig guru A sebesar 0,000 dan 0,006 serta guru B sebesar 0,000 dan 0,004 lebih kecil dari α = 0,025. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Karanganyar Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa dan Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Aug 2017 06:51
Last Modified: 16 Aug 2017 06:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item View Item