HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SDIT BINA INSAN KAMIL SIDAREJA CILACAP

KHUSNUL KHOTIMAH, 1223305058 (2017) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SDIT BINA INSAN KAMIL SIDAREJA CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
KHUSNUL KHOTIMAH_HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang berkaitan dengan ketrampilan kemampuan sosial dengan ranah afektif dan emosi. Pentingnya komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh seorang guru salah satunya adalah guru mampu memotivasi siswanya untuk semangat dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Motivasi belajar merupakan hal utama yang harus dimiliki siswa. Dengan motivasi belajar, siswa menjadi tergerak untuk melakukan aktivitas belajar. Motivasi belajar yang ada pada diri siswa dapat timbul dengan adanya dorongan dari dalam diri siswa serta dengan adanya motivasi yang didapat dari gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan komunikasi interpersonal guru dengan motivasi belajar siswa kelas VI SDIT Bina Insan Kamil Sidareja Cilacap. Penelitian ini merupakan jenispenelitiankuantitatif yang bersifatasositif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SDIT kelas VI Bina Insan Kamil Sidareja Cilacap.Sampel penelitian adalah guru kelas VI A, guru kelas VI B, siswa kelas VIA, dan kelas VI B. Objek penelitian adalah komunikasi interpersonal guru dengan motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, angket dan dokumentasi.Metode analisis yang digunakan adalah Uji Instrumen penelitian menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan Uji Normalitas, sedangkan Uji Hipotesis Penelitian menggunakan Correlation product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil analisisdata diperolehnilai sig. Sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti ada hubungan antara komunikasi interpersonal guru dengan motivasi belajar siswa kelas VI SDIT Bina Insan Kamil Sidareja dengan nila r sebesar 0,755yang kemudian dikonsultasikan pada tabel hargakritik dari “r” product moment denganN = 48 sampel, maka diperoleh tarafSignifikansi 1%: 0,368. Berdasarkan ketentuan tersebut dapat disimpulkan bahwa:r = 0,755> 0,368 (r tabel). Karena “r” yang diperoleh dalam penelitian dan perhitungan lebih besar dari r tabel, maka hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada hubungan antara komunikasi interpersonal guru dengan motivasi belajar siswakelas VI SDIT Bina Insan Kamil Sidareja di tolak dan Ha diterima. Jadi ada hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru dengan motivasi belajar siswa kelas VI SDIT Bina Insan Kamil Sidareja, dengan nilai korelasi sebesar 0,755yang kemudian di interpretasikan dengan nilai pearson correlation yang menghasilkan kesimpulan berkorelasi kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal Guru, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Aug 2017 06:09
Last Modified: 16 Aug 2017 06:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2608

Actions (login required)

View Item View Item