PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BENDA MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU 1 KALITAPEN PURWOJATI BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Meli, 1323310006 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BENDA MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU 1 KALITAPEN PURWOJATI BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
MELI AGUSTIN_PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BENDA MELALUI PENGGUNAAN MET.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu pengetahuan yang diajarkan di SD / MI. Peneliti ini di latar belakangi oleh pembelajaran IPA yang masih berpusat pada guru dan siswa kurang di libatkan dalam proses pembelajaran. Pada kenyataan dilapangan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas III MI Ma’arif NU 1 Kalitapen Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas pada materi Sifat – Sifat Benda dan Perubahannya masih tergolong rendah, hal ini ditunjukan pada nilai – nilai hasil observasi awal peneliti yang masih belum mencapai KKM yaitu 65, sedangkan ketuntasan belajar baru mencapai 32% karena selama ini guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah, tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga siswa kurang mampu memahami materi yang diajarkan. Sebagai solusinya, maka dilaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen melalui Penelitisan Tindakan Kelas untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sifat – sifat Benda dan Perubahannya. Sehingga permasalahan pada penelitian ini adalah “ Apakah dengan menggunakan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada materi Sifat – sifat Benda dan Perubahannya di kelas III MI Ma’arif NU 1 Kalitapen Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016 / 2017?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat Kolaboratif, dengan teknis analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode dan instrumen penggalian data menggunakan Tes, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa setelah dilakukan PTK, hasil belajar mata pelajaran IPA Materi Sifat – Sifat Benda dan Perubahannya menggunakan metode Eksperimen di Kelas III Semester I mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil evaluasi pada kondisi awal sebelum diadakan PTK nilai yang tuntas adalah 32%, sedangkan setelah Pelaksanaan Tindakan Kelas Siklus I nilai yang tuntas naik menjadi 38% pada Tindakan siklus II nilai yang tuntas mencapai 92%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sifat – sifat Benda dan Perubahannya, Metode Eksperimen ]
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Aug 2017 01:53
Last Modified: 16 Aug 2017 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item