KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KROYA KABUPATEN CILACAP

Zaenul Ma’ruf, 1323301093 PROGRAM (2017) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text
ZAENUL MA'RUF_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosesn pasal 10 ayat 1 menjelaskan kompetensi yang wajib dikuasai oleh guru ada empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Dari keempat kompetensi tersebut diharapkan guru dapat menguasai agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan efektif. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru rumpun pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kroya Kabupaten Cilacap, yang diharapkan akan menambah wawasan terkait dengan kompetensi pedagogik. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari enam guru rumpun Pendidikan Agama Islam, dan kepala Madrasah Aliyah Negeri Kroya. Dari hasil penelitian tersebut, kemudian data dikumpulkan dan dianalisis, setelah itu data direduksi, selanjutnya data tersebut disajikan dalam bentuk deskriptif yaitu berupa kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan penjelasan Pasal 28 ayat (3) butir a. Kesimpulan dalam skripsi ini bahwa guru rumpun pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kroya Kabupaten Cilacap sudah baik. Hal ini berdasarkan analisis data yang dilakukan penulis terhadap guru rumpun pendidikan agama Islam dalam menguasai kompetensi pedagogik yaitu meliputi pemahaman peserta didik, pengembangan kurikulum, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, pemanfaatan tekhnologi informasi dan komunikasi, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Aug 2017 01:30
Last Modified: 16 Aug 2017 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2600

Actions (login required)

View Item View Item