STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CANDIWULAN KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA

Heruningsih, 1123304070 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CANDIWULAN KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
Heruningsih_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran seorang guru harus mengetahui dengan jelas tujuan yang hendak dicapainya. Tujuan pendidikan dan pengajaran juga berfungsi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal, untuk itu seorang pendidik dalam memilih dan menentukan harus tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui Bagaimanakah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Candiwulan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian diskriptif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu berupa penggambaran dengan kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat dengan cara induktif. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwa guru Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Candiwulan yang termasuk kedalam cakupan ranah psikomotorik adalah taharah (wudlu) dan shalat (shalat fardlu, shalat Idul Fitri dan Idul Adha), yang dibarengi dengan materi adzan dan iqamah, do’a-do’a atau dzikir. Metode yang digunakan guru dalam penyampaian materi pembelajaran Pendidikan agama Islam adalah: metode ceramah, metode demonstrasi, metode Tanya jawab, metode kerja kelompok., Dalam penyampian pembelajaran ranah psikomotorik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam guru lebih cenderung menggunakan metode praktek bukan strategi, disini strategi tidak terlalu efektif digunakan oleh guru. Pembelajaran cenderung monoton karena guru lebih banyak menggunakan satu metode saja. Anak-anak di SD Negeri 2 Candiwulan dididik untuk selalu mengerjakan shalat 5 waktu, shalat Jum’at bagi anak laki-laki, adzan dan iqamah, wudlu, yaitu dengan cara guru mengajarkan dengan cara demonstrasi atau praktek langsung yang ditujukan agar anak bisa melakukan gerakan shalat, wudlu beserta bacaannya dengan benar, dan bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Kata - Kata Kunci: Guru, Pelaksanaan pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 18 Jun 2016 03:22
Last Modified: 18 Jun 2016 03:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item