PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 SIDABOWA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Lilik Tanwirotul Fadlilah, 1323301226 (2017) PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 SIDABOWA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DATAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
LILIK TANWIROTUL FARLILAH_PENDIDIKAN KARAKTER SISWA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses upaya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik agar menjadi insan yang berkarakter, bermartabat, beradab dan cerdas. Pendidikan karakter merupakan penanaman sikap, yang kaitannya dengan budi pekerti anak, perilaku dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka akan menunjukan karakter, perilaku, pembawaan, sikap sehari-hari sebagai corak anak Indonesia yang memiliki budaya Indonesia yang abdi luhur yang selama ini dirasa mulai terkikis. Rumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas dan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Pendidikan karakter siswa melalui Pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Yaitu cara kerja penelitian yang menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas dari hasil penelitian. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. wawancara dilakukan terhadap guru Pendidikan Agama Islam dan Kepala Sekolah. Observasi dilakukan dengan melihat guru ketika mengajar di dalam kelas, dan mengamati kondisi sekolah dan segala objek penelitian di sekolah. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Hubberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan karakter melalui pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Sidabowa diterapkan oleh guru PAI dengan tahap perencanaaan, pelaksanaan, dan evaluasi. metode yang dilakukan oleh guru PAI dalam menerapkan pendidikan berbasis nilai karakter adalah dengan metode keteladanan sikap dan perilaku, pembiasaan, dan nasihat-nasihat yang diberikan. Adapun nilai karakter yang sudah terbentuk dalam diri siswa baik sikap atau perilakunya antara lain: nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, gemar membaca, pantang menyerah, peduli lingkungan dan peduli sesama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Nilai Karakter, Pembelajaran PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Aug 2017 03:42
Last Modified: 14 Aug 2017 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2579

Actions (login required)

View Item View Item